Beranda Info Aceh Jaya Masjid Baitussalam Nyak Sandang Lamno Resmi Menjadi Aset Pemkab Aceh Jaya

Masjid Baitussalam Nyak Sandang Lamno Resmi Menjadi Aset Pemkab Aceh Jaya

BERBAGI
Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB memperlihatkan berkas serah terima pengelolaan dan pemanfaatan bangunan masjid Baitulsalam Nyak Sandang Lamno, Sabtu (26/3/2022). (Foto/Zammil)

Calang (Waspada Aceh) – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya resmi menerima Masjid Baitulsalam Nyak Sandang Lamno sebagai aset daerah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Direktorat Jenderal Cipta Karya, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh.

Serah terima pengelolaan dan pemanfaatan bangunan masjid Baitulsalam Nyak Sandang Lamno tersebut berlangsung di Desa Lhuet, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Sabtu (26/3/2022).

“Masjid Nyak Sandang ini merupakan ikon wisata religi bagi Aceh Jaya. Jadi, pelaksanaan tata kelola kedepannya perlu disepakati bersama agar bisa terstruktur dan tertata dengan baik,” ujar Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB usai serah terima.

Bupati menegaskan, status Masjid Nyak Sandang tersebut bukan hanya milik desa saja, melainkan milik kecamatan dan Aceh Jaya.

Jadi, lanjutnya, kedepannya jangan ada klaim bila Masjid Nyak Sandang merupakan milik desa atau kaum tertentu yang bisa melahirkan konflik lintas sektor.

“Secara regulasi, pemerintah daerah pun tidak bisa menganggarkan anggaran untuk pengelolaan jika status masjid milik desa. Lagi pula saat ini kita sedang fokus pembangunan Masjid Agung Nurul Izzah yang kita targetkan fungsional dalam tahun ini,” jelas bupati.

Bupati mengungkapkan jika target peresmian Masjid Nyak Sandang Lamno akan dilaksanakan bulan Mei 2022. Bupati berharap, saat peresmian nantinya bisa dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

“Masjid ini merupakan pemberian Presiden Jokowi atas jasa Nyak Sandang sebagai salah satu penyumbang pembelian pesawat Seulawah R-001 dan Seulawah R-002. Dua pesawat kemudian menjadi cikal bakal maskapai penerbangan Garuda Indonesia,” ujar bupati.

Jadi, tambahnya, sudah selayaknya masjid ini dikelola dan dijaga dengan dengan benar sehingga pelaksanaan dapat terlaksana dengan baik.

“Kita berharap, masjid ini diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi, selain menjadi aset daerah, masjid ini nantinya juga menjadi salah satu ikon wisata religi di Aceh,” pungkasnya. (Zammil)

BERBAGI