Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaAcehLetjen (Purn) Syarifuddin Tippe Meninggal Dunia, Pernah Jabat Danrem 012/TU di Banda...

Letjen (Purn) Syarifuddin Tippe Meninggal Dunia, Pernah Jabat Danrem 012/TU di Banda Aceh

Jakarta – Letjen TNI (Purn) Prof Dr Syarifuddin Tippe, dilaporkan meninggal dunia, Minggu hari ini (14/2/2021), sekitar pukul 11.50 WIB, di RSPI Pondok Indah Jakarta.

Profesor pendiri Universitas Pertahanan (UNHAN) dilaporkan telah mengembuskan nafas terakhirnya karena sakit. Rencananya almarhum Syarifuddin Tippe akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

Kabar duka pertama kalinya disampaikan oleh Abdul Razak, alumnus Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) asal Bone, melalui group WhatsApp. Letjen (Purn) Prof Dr Syarifuddin Tippe adalah mantan Kasum TNI, Wakil KSAD dan mantan Pangdam II/Sriwijaya.

Syarifuddin Tippe purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer tahun 1975. Almarhum semasa hidupnya dikenal sebagai petinggi militer yang lurus.

Menanggapi postingan Abdul Razaq, alumnus Unhas asal Bulukumba, Andi Isdar Yusuf, menulis, “Orang hebat ini, termasuk tentara lurus. Saat pangkatnya 2 bintang dan pangdam belum punya rumah pribadi.”

“Saya merasa kehilangan yang sangat mendalam atas wafatnya beliau. Saya bersaksi beliau adalah orang baik. Saya mengenal beliau sejak tahun 2004, saat beliau menjadi Danseskoad. Kita sudah seperti abang adik,” tulis Wibisono, salah seorang yang mengenal dekat Syarifuddin Tippe, sebagaimana dikutip dari beritalima.com, Minggu (14/02/2021).

Almarhum adalah perwira tinggi berpangkat bintang tiga bergelar profesor pertahanan yang masih aktif mengajar di berbagai universitas, seperti di Unhan dan Jayabaya. Syarifuddin Tippe dikenal sebagai jendral murah senyum dan rendah hati.

Letjen TNI (Purn) Prof Syarifudin Tippe lahir di Sinjai, Sulawesi Selatan, pada 7 Juni 1953. Syarifuddin Tippe pernah menjabat Danrem 012/Teuku Umar di Banda Aceh (1999), pada masa konflik Aceh dahulu. Saat itu wilayah di Provinsi Aceh masih berada di bawah naungan Kodam I Bukit Barisan. Dia selanjutnya menjabat sebagai Kasdam Iskandar Muda (2022), setelah Kodam Iskandar Muda diresmikan. (Ris)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER