Minggu, April 21, 2024
Google search engine
BerandaAcehLahan Sawit di Aceh Besar Terbakar, Warga Diminta Waspada

Lahan Sawit di Aceh Besar Terbakar, Warga Diminta Waspada

Aceh Besar (Waspada Aceh) – Lahan sawit di Desa Meunasah Krung Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, terbakar, Sabtu siang (17/2/2024).

Kebakaran tersebut diduga akibat cuaca terik dan panas yang menyebabkan ranting kayu kering mudah terbakar.

Lahan yang terbakar seluas sekitar 500 meter persegi itu milik Fajar (53), warga desa setempat. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian materiil yang ditimbulkan cukup besar.

Petugas Pusladops Aceh Besar Maswani mengatakan, pihaknya menerima informasi kebakaran lahan dari masyarakat sekitar pukul 11.30 WIB. Ia langsung mengerahkan satu unit armada pemadam kebakaran dan empat personil untuk melakukan pemadaman.

“Kami berhasil memadamkan api dan melakukan pendinginan sekitar pukul 12.10 WIB. Penyebab kebakaran masih kami selidiki. Kami menduga ada faktor cuaca yang mempengaruhi,” ujarnya.

Maswani mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam membakar sampah atau ranting kayu di lahan, terutama saat cuaca kering dan panas. Ia juga meminta agar masyarakat selalu siap siaga dan melaporkan jika ada kebakaran lahan di sekitar mereka.

“Kebakaran lahan bisa menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan. Kami harap masyarakat bisa menjaga dan merawat lahan mereka dengan baik,” tuturnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER