Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaKisah Keluarga Raja Ubit Gunong Kong, Hidup di Hutan Hindari Belanda

Kisah Keluarga Raja Ubit Gunong Kong, Hidup di Hutan Hindari Belanda

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Cucu dari almarhum Raja Ubiet Gunong Kong, Raja Wendi menyampaikan keluh kesah terkait kebutuhan masyarakat di Gampong Alue Wakie Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya.

Hal itu disampaikan Raja Wendi saat Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas melakukan kunjungan pada Kamis (16/2/2023). Raja Wendi menyampaikan beberapa persoalan dan kendala yang dialami masyarakat di wilayah tempat tinggal keluarga besar Raja Ubiet Blang Tripa.

Kondisi di daerah itu masih memprihatinkan, akibat terbatasnya akses jalan, sarana dan prasarana, pendidikan serta bidang kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Raja Wendi menyebutkan, saat ini keluarga besarnya membutuhkan perhatian dari Pemkab Nagan Raya. Menurutnya, hidup puluhan tahun di tengah hutan di Krueng Itam atau Gunong Ijoe, membuat keturunan Raja Ubiet hidup terisolir serta tidak tersentuh peradaban modern.

Raja Wendi juga menceritakan, endatunya berasal dari kerajaan Keumala Tangse, yang melarikan diri dari kerajaaan Belanda. Akibat pelarian itu, sehingga harus bermukim di hutan belantara di Kabupaten Nagan Raya.

Setelah perlarian tersebut, lanjut Raja Wendi, keturunan Raja Ubiet terpaksa tertinggal dari zaman yang semakin canggih, salah satunya bidang pendidikan. Padahal sebutnya, jika SDM didukung dengan pendidikan yang memadai, dia yakin keturunan Raja Ubiet dapat mendukung serta membantu kemajuan kabupaten tersebut.

Raja Wendi meminta kepada Pj Bupati Nagan Raya agar dapat memperhatikan kebutuhan cucu Raja Ubiet yang tinggal di kawasan Blang Tripa tersebut. Selain itu dia berharap Pemkab Nagan Raya juga dapat menyediakan Puskesmas Pembantu (Pustu) serta dilengkapi dengan petugas kesehatan guna memudahkan pengobatan bagi masyarakat di wilayah itu.

Sementara itu Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas mengatakan, manampung dan segera mencari solusi terbaik agar segala kebutuhan warga di Blang Tripa tersebut dapat terpenuhi.

Di samping itu, Fitriany Farhas juga meminta kepada keturunan Raja Ubiet, agar dapat mendukung program pemerintah yang sedang dijalankan, untuk kemajuan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Nagan Raya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments