Kebakaran Lahan Landa Alue Siron Tadu Raya, Pemadaman Berhasil 80 Persen

    BERBAGI

    Suka Makmue (Waspada Aceh ) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Kabupaten Nagan Raya akibat cuaca panas melanda daerah tersebut.

    Kebakaran itu terjadi di Gampong Alue Siron Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya. Sedikitnya 1 hektare lahan masyarakat terbakar.

    Karhutla tersebut terjadi sejak Senin kemarin, namun kini telah mampu dipadamkan mencapai 80 persen, sebut Kalak BPBD Irfanda Rinadi kepada Waspadaaceh.com, Selasa (7/9/2021).

    Penyebab terbakarnya lahan tersebut, menurut Irfanda, belum diketahui penyebabnya. Untuk mencegah kebakaran lebih luas, BPBD,TNI dan Polri telah berhasil memadaman api, 80 persen dari luas lahan.

    Mengingat api belum sepenuhnya padam, tim gabungan masih siap siaga di lokasi Karhutla untuk mengantisipasi munculnya api, ujar Irfanda Rinadi.

    Kalak BPBD juga mengimbau kepada petani kebun agar tidak membakar lahan pada musim kemarau. Dalam situasi cuaca sedang panas, Irfanda berharap agar masyarakat yang sedang membuka lahan baru tidak melakukan pembakaran lahan. (Zul Nagan)