Beranda Aceh Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Begini Strategi Sekolah Unggul Teuku Nyak Arif...

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Begini Strategi Sekolah Unggul Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School

BERBAGI
Sekolah SMP-SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School di Banda Aceh. (Foto/Cut Nauval D)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School adalah salah satu sekolah swasta unggulan di Aceh. Meski di masa pandemi, sekolah swasta ini tetap eksis dan menorehkan banyak prestasi.

Kepala Sekolah SMP-SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School, Muhammad Azhar Annas, mengatakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selama pandemi pihaknya terus meningkatkan konsolidasi dan komunikasi erat dari pihak sekolah, guru dan siswa serta orang tua.

Sekolah juga menerapkan sistem pembelajaran yang adaptif. Dengan metode berbasis teknologi digital yang memungkinkan materi pelajaran dirancang sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Dengan demikian para siswa bisa belajar sesuai dengan tingkatan pemahaman dan pengetahuan masing-masing.

“Generasi Z ini kecenderungan belajar berbeda dengan generasi sebelumnya, disesuaikan cara mengajar dan belajar. Selama pandemi jika belajar dengan serba online, maka guru juga beradaptasi, dengan metode mengajar yang berbeda,” tutur Muhammad Azhar Annas saat diwawancarai Waspadaaceh.com, Selasa (7/9/2021).

Kepala Sekolah SMP-SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Muhammad Azhar Annas, S.T. (Foto/ist).

Pihaknya juga terus meningkatkan kompetensi mengajar dengan memberikan pelatihan bagi guru. Untuk meningkatan skill guru dalam menggunakan platform pendidikan dengan cara belajar yang lebih kekinian untuk anak-anak.

Selain meningkatkan kompetensi mengajar, pihaknya tetap menjaga motivasi belajar mengajar. Seperti melakukan kegiatan fund activity, dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

“Di masa pandemi ini kesejahteraan guru dan siswa itu perlu diperhatikan agar tidak jenuh. Kita melakukan beberapa fund activity meskipun masih terbatas, untuk pengembangan diri dan menjaga motivasi siswa dan guru,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, selama pandemi COVID-19 bukan menjadi halangan bagi siswa untuk produktif dan berprestasi. Bahkan hal tersebut merupakan kesempatan bagi siswa untuk terus mengembangkan diri dan berprestasi, seperti mengikuti berbagai ajang perlombaan meskipun dilaksanakan secara online.

Sekolah SMP-SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School di Banda Aceh. (Foto/Cut Nauval D)

“Saya justru melihat, bahwa masa pandemi bukan menjadi halangan untuk kita berprestasi. Seperti perlombaan yang dilakukan secara online, hal ini bisa melakukan kesempatan lebih banyak lagi tanpa mengeluarkan banyak biaya dan waktu,” katanya.

Selama tahun 2021, Muhammad Azhar Annas menyebutkan, prestasi siswa baik jenjang SMP maupun SMA di tingkat nasional dan internasional sebanyak 123 prestasi siswa. Di tingkat provinsi sebanyak 165 prestasi. Dia menyebutkan, peningkatan itu signifikan.

Tak hanya siswa, dia menyebutkan, guru Sekolah Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School juga mendapat 7 medali yang diperoleh dalam kegiatan olimpiade guru di tingkat nasional.

Selain itu, 70 persen siswanya lulus di perguruan tinggi pada tahun 2021.

“Alhamdulillah tahun ini 70% siswa lulus di perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini menghasilkan angka yang cukup bagus. Secara umum di Provinsi Aceh kita mengalami peningkatan dan cukup menggembirakan,” tuturnya.

Dilansir dari situs resmi LTMPT pada tahun 2020, SMA Teuku Nyak Arief Fatih Bilingual School juga termasuk salah satu SMA terbaik secara nasional. Sekolah ini berada di peringkat 370 di Indonesia. Sedangkan se-Provinsi Aceh berada pada peringkat ke-3. Penilaian tersebut dilakukan sesuai dengan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan tes bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kepala Sekolah SMP-SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School menjelaskan, sekolah ini merupakan sekolah swasta kerjasama dari Yayasan Fatih Indonesia dan Yayasan Teuku Nyak Arif yang didirikan pada tahun 2009 sebagai salah satu upaya dan ikhtiar untuk membangun kembali Aceh yang terdampak bencana tsunami pada 2004 silam.

Sekolah ini memadukan antara kurikulum nasional dalam implementasinya, sebagai salah satu sekolah SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama) dan Kurikulum Cambridge Assessment International.

Salah satu keunggulannya adalah pengajaran beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Matematika dan Sains yang diajarkan dalam bahasa Inggris dan standar internasional. (Cut Nauval D)