Beranda Aceh Karo Humas Aceh: Surat Edaran Plt Gubernur Tentang Kebakaran Hutan, Hoaks

Karo Humas Aceh: Surat Edaran Plt Gubernur Tentang Kebakaran Hutan, Hoaks

BERBAGI
ILUSTRASI

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Aceh, Muhammad Iswanto, menyebutkan, pesan yang beredar di media sosial tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang mengatasnamakan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, adalah hoaks (bohong).

“Imbauan yang mengatasnamakan Plt Gubernur terkait kebakaran hutan itu tidak benar alias hoaks,” ujar Iswanto di Banda Aceh, Selasa (24/9/2019).

Dalam pengantarannya, kata Iswanto, pesan edaran itu dibuat berkaca pada keadaan kabut asap yang masih mengkhawatirkan kesehatan di Aceh. Ada lima himbauan dalam surat edaran palsu itu.

Salah satu poin imbauan dalam pesan edaran yang mengatasnamakan Plt Gubernur itu adalah mengimbau agar seluruh karyawan, PNS, PTT, dan BUMN di wilayah Aceh agar meliburkan aktivitasnya mulai tanggal 23 September 2019.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh itu memastikan, Plt Gubernur tidak pernah mengeluarkan imbauan seperti yang tertera dalam pesan tersebut. Sebelumnya Plt Gubernur Aceh hanya menginstruksikan BPBA (Badan Penanggulangan Bencana Aceh) untuk membagikan masker kepada masyarakat, terkait semakin pekatnya paparan kabut asap di daerah itu.

Untuk itu, Iswanto mengajak masyarakat untuk waspada. “Jangan percaya begitu saja informasi di media sosial. Tidak semua informasi di media sosial benar,” katanya.

Iswanto mengajak masyarakat selalu memverifikasi setiap informasi yang didapat. “Informasi apapun harus kita cek dulu kebenarannya, jangan langsung kita sebarkan. Saring sebelum sharing dan bijaklah dalam menggunakan media,” ujar dia. (Ria/ks)

BERBAGI