Senin, Mei 27, 2024
Google search engine
BerandaDisbudpar AcehIboih dan Aneuk Laot di Sabang Resmi sebagai Desa Wisata Terbaik

Iboih dan Aneuk Laot di Sabang Resmi sebagai Desa Wisata Terbaik

Sabang (Waspada Aceh) – Gampong (Desa) Iboih dan Aneuk Laot di Kota Sabang, Provinsi Aceh, resmi dinyatakan sebagai desa wisata terbaik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (12/4/2023).

Prasasti peresmian untuk kedua desa wisata itu langsung ditandatangani Sandiaga saat visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 di Pantai Teupin Layeu, Desa Wisata Iboih, Kecamatan Sukamakmue, Kota Sabang.

Pada aksi itu, masing-masing keuchik (kepala desa) menerima langsung prasasti dari Sandi. Turut hadir Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal.

Sandiaga Uno menilai, spot snorkeling dan diving (menyelam) di Desa Wisata Iboih memiliki kualitas premium.

“Snorkeling dan diving Desa Wisata Iboih Sabang sangat luar biasa dan ini menjadi daya tarik utama untuk wisatawan berkunjung ke sini,” kata Sandi usai divinng sekaligus meresmikan spot selfie Sandiuno di bawah laut.

Ia berharap, spot atraksi wisata menyelam di Desa Wisata Iboih harus dimanfaatkan secara maksimal dan dikemas dengan baik agar menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

“Terumbu karang di sini masih terjaga dengan baik dan kita sangat apresiasi terhadap komitmen untuk menjaga alam bawah laut yang masih indah dan asri di Sabang ini. Semoga desa wisata ini mendatangkan banyak keberkahan, semakin meningkat kunjungan wisatawan dan kesejahteraan masyarakatnya juga semakin diperkuat,” katanya.

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf yang telah berkunjung langsung ke kawasan Nol Kilometer Indonesia itu.

“Kita terus berbenah dan meningkatkan sektor pariwisata di Sabang termasuk meningkatkan sumber daya manusianya juga. Kami juga optimis dengan dukungan penuh dari Menparekraf menjadikan Sabang sebagai wisata kelas dunia,” katanya.

Hak senada juga diungkapkan Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal. Menurutnya, aksi turun tangan langsung Sandiaga turut mendorong program pembangunan kepariwisataan yang digagas Pemerintah Aceh.

“Alhamdulillah, tahun ini sesuai arahan Pak Pj Gubernur, kita (Pemerintah Aceh) sedang membangun master plan (kepariwisataan) untuk Kota Sabang. Nantinya master plan ini menjadi langkah untuk percepatan pembangunan Sabang,” ungkapnya.

Mendengar hal itu, Sandiaga langsung merespons baik program yang sedang dikerjakan pemerintah provinsi melalui Disbudpar Aceh.

“Baik, terima kasih. Kita perlu mitra kolaboratif, nanti akan kita siapkan. Saya akan tunjuk beberapa dunia usaha yang nantinya akan menjadi mitra di sini karena ini program harus berkelanjutan,” timpal Sandiaga Uno.

Sebagai informasi, dari 500 desa wisata nominasi ADWI 2023, tiga desa wisata di Provinsi Aceh berhasil masuk dalam jajaran 75 besar desa wisata terbaik versi juri ADWI 2023, yaitu Desa Wisata Lubuk Sukon (Kabupaten Aceh Besar), Desa Wisata Iboih (Kota Sabang) dan Desa Wisata Aneuk Laot (Kota Sabang). (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER