Kamis, April 18, 2024
Google search engine
BerandaAcehGubernur Nova Bersyukur Kasus COVID-19 di Aceh Terus Menurun 

Gubernur Nova Bersyukur Kasus COVID-19 di Aceh Terus Menurun 

Banda Aceh (Waspada Aceh) – “Alhamdulillah kecenderungan/tren kasus COVID-19 di Provinsi Aceh terus menurun,” kata Gubernur Nova Iriansyah dalam postingan di twitter yang dibagikan kepada publik, Senin sore (9/11/2020).

Nova yang baru dilantik sebagai gubernur definitif belum sepekan itu, mengatakan, hari ini kasus terpapar COVID-19 hanya tiga orang dan tidak ada yang meninggal.

“Angka kesembuhan sdh di atas 80% dan angka kematian 3,6%. Tksh rakyat Aceh sdh patuh pd Prokes. Smg wabah ini sgr berlalu dr bumi Aceh. Amin YRA,” tulis Nova seperti dikutip Waspadaaceh.com, Senin malam.

Terpisah, Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG menjelaskan, angka kesembuhan (recovery rate) penderita Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Aceh terus meningkat.

Pada awal minggu lalu, per 2 November 2020, angka kesembuhan 75,8% dan awal minggu ini (per 9 November 2020) menjadi 80,1%. Sedangkan angka kesembuhan Nasional, di dua titik waktu yang sama, 83,2% dan 84,5%.

“Kenaikan angka kesembuhan Aceh dalam seminggu terakhir jauh lebih tinggi, yakni dari 75,8% menjadi 80,1%. Sedangkan nasional dari 83,2% menjadi 84,5%,” paparnya kepada wartawan, Senin (9/11/2020).

Angka-angka ini akan terus naik atau bahkan menurun tergantung karakteristik penderita dalam perawatan dan karakteristik kasus baru selanjutnya. Perlu kerja keras semua pihak agar angka kesembuhan terus meningkat. Karakteristik penderita COVID-19 sangat mempengaruhi angka kesembuhan tersebut, jelasnya.

Penderita COVID-19 asimtomatik (tanpa gejala) memiliki peluang lebih besar untuk sembuh kembali dibandingkan penderita simtomatik, apalagi simtomatik COVID-19 dengan penyakit penyerta lainnya, kata SAG. Karena itu, ujarnya, untuk saling melindungi di masa pandemi ini semua kalangan harus menjalankan protokol kesehatan.

“Anak-anak muda memang memiliki imunitas yang lebih baik, tetap wajib menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan sesering mungkin. Selain untuk menjaga dirinya juga melindungi orang-orang tua di sekitarnya,” himbau SAG.

SAG melaporkan sejak kasus konfirmasi pertama dilaporkan pada 27 Maret 2020, hinga kini jumlah kasus COVID-19 Aceh sudah mencapai 7.690 orang. Sedang dalam perawatan 1.250 orang, sudah sembuh 6.158 orang, dan meninggal dunia 282 orang.

“Kasus konfirmasi baru yang dilaporkan bertambah sebanyak 3 orang, dan ketiganya warga Kota Banda Aceh,” katanya.

Seementara jumlah yang sembuh selama 24 jam terakhir mencapai 49 orang, yang meliputi warga Bener Meriah sebanyak 16 orang, Aceh Tengah sebanyak 14 orang, Banda Aceh 12 orang, Aceh Tamiang 4 orang, dan warga Kota Lhokseumawe sebanyak 3 orang.

“Alahmdulillah tidak ada penderita Covid-19 di Aceh yang dilaporkan meninggal dunia hari ini,” tutur SAG. (B01)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER