DLHK Banda Aceh: Setiap Ada Perayaan Besar Sampah Jadi Masalah Serius

    BERBAGI
    Petugas kebersihan saat membersihkan sampah yang berserak di Kota Banda Aceh. (Foto/Ist)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Banda Aceh mengatakan setiap ada perayaan event-event besar di Kota Banda Aceh selalu terdapat tumpukan sampah.

    “Ketika ada perayaan event-event besar yang mengundang banyak orang, sampah memang selalu menjadi permasalahan serius,” kata Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani Basyah, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Asnawi kepada Waspadaaceh.com, Kamis (18/8/2022)

    Dia menyebutkan, sampah yang berserakan didominasi oleh plastik bekas minuman dan sampah makanan yang apabila dibiarkan dapat memicu bau yang tidak sedap. Walaupun, DLHK secara rutin melakukan sosialisasi dan imbauan secara langsung kepada masyarakat terkait kebersihan.

    “Terkait sosialisasi himbauan kebersihan, DLHK melakukan secara langsung dengan pengeras suara setiap pagi dan sore hari dengan menggunakan mobil sos dan tidak khusus di hari pawai saja,” sebutnya.

    Namun demikian, masih banyak masyarakat menghiraukan imbauan dan enggan menanamkan lingkungan bebas sampah sehingga masalah ini menjadi persoalan serius usai acara dilaksanakan.

    “Kita berharap akan adanya perubahan pola perilaku dari masyarakat, agar bisa lebih baik dan bijak dalam mengelola sampahnya,” ajaknya.

    Walaupun kata dia, tim kebersihan selalu sigap untuk menangani sampah dan tetap berupaya semaksimal mungkin mensterilkan sisa sampah pawai yang ditinggalkan. Namun perlu diingat, persoalan sampah bukan hanya tanggungjawab kedinasan saja melainkan tanggungjawab bersama. (Kia Rukiah)