Sabtu, Juli 20, 2024
Google search engine
BerandaAcehDLH Nagan Raya Selidiki Pipa Bocor di PLTU Suak Puntong

DLH Nagan Raya Selidiki Pipa Bocor di PLTU Suak Puntong

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Nagan Raya menyelidiki kebocoran pipa PLTU 3 dan PLTU 4 Suak Puntong. Pasalnya semburan air laut itu sempat menghebohkan pengguna jalan dan masyarakat setempat.

Kejadian semburan air laut yang telah viral di Tiktok tersebut terjadi pada Minggu sekira pukul 17.45 WIB, kata Kepala DLH Nagan Raya, T.Zeddy Surachman, kepada Waspadaaceh.com, Jumat (24/2/2023).

T.Zeddy membenarkan kejadian itu sehingga pihaknya langsung turun ke lokasi kejadian guna meneliti bocornya pipa di PLTU tersebut.

Menurutnya, penyebab bocornya pipa dan semburan air laut itu, saat dilakukan uji coba penyedotan air laut untuk pengetesan saluran pipa ke Water Treatment Plant (WTP) atau instalasi Pengolahan Air (IPA).

Namun saat uji coba itu, terjadi miskomunikasi antara tim enginering. Saat membuka kran untuk pendingin boiler (ketel uap), yang belum terinstal, air mengalir pada pipa yang belum tersambung, sehingga menyebabkan semburan air keluar, ungkapnya.

T.Zeddy juga menyebutkan, kejadian itu tidak berlangsung lama dan tidak ada bahan kimia yang digunakan sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER