Sabtu, April 13, 2024
Google search engine
BerandaAcehImbas Cuaca Buruk, Harga Ikan di Lampulo Naik

Imbas Cuaca Buruk, Harga Ikan di Lampulo Naik

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja, Lampulo, Banda Aceh, melonjak naik karena faktor cuaca dan mahalnya BBM.

Akibat harga ikan mengalami kenaikan, daya beli masyarakat berkurang, sebagaimana pantauan Waspadaaceh.com, Jumat (24/2/2023). Sejumlah kapal bersandar di pelabuhan di samping TPI.

Berbagai jenis ikan ditumpuk di lantai TPI untuk dilelang. Ada juga yang ditumpuk dalam keranjang, kebanyakan ikan dencis dan tongkol.

Pedagang Ikan di TPI Lampulo, Ruslan, mengatakan hasil tangkapan nelayan akhir-akhir ini memang berkurang. Menurut Ruslan, hal itu akibat angin kencang dan gelombang tinggi. Ditambah lagi tingginya harga BBM menyebabkan harga ikan naik. Sementara itu peminat masyarakat untuk membeli ikan masih sepi.

“Selain faktor cuaca, kapal banyak bersandar di pelabuhan, tangkapan ikan berkurang, ditambah harga BBM naik. Daya beli kurang,” tuturnya saat ditemui Waspadaaceh.com.

Ruslan menyebutkan beberapa harga Ikan yang dijual seperti jenis tuna Rp45.000/Kg, ikan rambe Rp75.000 , sedangkan Ikan tongkol tergantung ukurannya berkisar Rp15.000 – Rp35.000. Harga udang juga tergantung ukuran bekisar Rp45.000 – Rp60.000/Kg.

“Rata-rata hari ini harga ikan naik, misalnya ikan tongkol 30 ribu rupiah, sebelumnya bisa kita jual 25 ribu,” jelasnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER