Sabtu, Maret 2, 2024
Google search engine
BerandaAcehDiwarnai Penolakan Warga, Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Mendarat di Sabang

Diwarnai Penolakan Warga, Ratusan Pengungsi Rohingya Kembali Mendarat di Sabang

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sebanyak 139 pengungsi Rohingya kembali mendarat di Pantai Tapak Gajah, Gampong Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Sabang, Sabtu (2/12/2023).

Berdasarkan informasi, pengungsi Rohingya ini mendarat pada Sabtu dini hari (2/11/2023), sekira pukul 02.30 WIB. Berdasarkan video yang beredar, pengungsi Rohingya terdiri dari laki-laki dan wanita dewasa serta anak-anak.

Namun kedatangan mereka kali ini ditolak keras oleh warga Ie Meulee, Kecamatan Sukajaya, Sabang.

“Pernyataan keras kami sampaikan, bahwasanya kami selaku warga Ie Meulee, menyatakan kami tidak menerima, menolak keras atas kedatangan pengungsi Rohingya,” kata Pj Keuchik Gampong Ie Meulee, Dofa Fadhli saat berada di lokasi terdamparnya pengungsi Rohingya.

Secara kemanusiaan, kata Dofa, pihaknya akan memberikan bantuan seadanya dan membantu samampu mereka. Namun, dalam hal penerimaan warga Ie Meulee menolak keras.

Karena itu, dia selaku Keuchik Ie Meulee mengingatkan kepada yang berwenang atau yang mempunyai kapasitas dalam penanganan pengungsi Rohingya untuk segera mengevakuasi seluruh pengungsi Rohingya yang berada di wilayah kerjanya.

Apabila dalam limit waktu yang diberikan sampai siang ini tidak ada tindakan, warga Gampong Ie Meulee akan mengembalikan pengungsi Rohingya ke dalam kapal yang mereka tumpangi

“Ini dalah pernyataan yang kami sampaikan berdasarkan permintaan warga kami,” tegasnya.

Apalagi, tambah Dofa, akibat inflasi kondisi ekonomi warganya juga saat ini tidak memadai. Karena itu, pihaknya hanya bisa membantu limit waktu siang nanti.

“Apabila pihak berwajib tidak menangani pengungsi Rohingya sesegera mungkin maka akan kami pindahkan mereka ke dalam kapal,” tegasnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments