Beranda Aceh Distanbun Aceh Akan Umumkan Kategori Insan Pertanian Berprestasi

Distanbun Aceh Akan Umumkan Kategori Insan Pertanian Berprestasi

BERBAGI
Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Perkebunan Distanbun Aceh, Mukhlis. (Foto/Kia)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh akan mengumumkan Kategori Insan Pertanian yang menerima penghargaan sebagai teladan dan berprestasi di bidangnya.

Kadistanbun Aceh, Cut Huzaimah, melalui Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Perkebunan Distanbun Aceh, Mukhlis, kepada waspadaaceh.com, Kamis (29/9/2022) mengatakan, langkah tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada insan pertanian yang teladan dan berprestasi.

Mukhlis menyebutkan, ada enam kategori insan pertanian yang dilombakan. Di antaranya, Penyuluh Pertanian ASN Teladan dan Berprestasi, Penyuluh Pertanian Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT), Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan dan Berprestasi.

Selanjutnya Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Teladan dan Berprestasi, kategori Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Teladan dan Berprestasi serta Petani yang Berprestasi.

Dalam menentukan pemenang pada enam kategori itu, lanjut Mukhlis, harus melalui proses seleksi, baik penyuluh maupun petani di tingkat kabupaten/kota masing-masing.

“Tentunya ada kriteria yang harus dilewati, sehingga ditetapkan berprestasi. Baik dari kebersihannya, cara menyampaikan inovasi. Pokoknya ada beberapa aspek yang kita nilai,” jelasnya.

Kata Mukhlis, masing-masing kabupaten telah mengirimkan BPP terbaiknya untuk mengikuti seleksi ini. Setelah melewati seleksi kabupaten, nantinya tingkat provinsi akan memverifikasi kembali sebelum menentukan pemenang, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

“Adapun penilaiannya untuk BPP dilihat berdasarkan wilayah binaannya. Kelompok tani yang bagus dan dapat menerima inovasi. Sementara untuk petani, bisa dilihat tingkat produksi dan cara bertanam yang sudah menerapkan sistem modern,” jelasnya.

Dalam hal ini, lanjut Mukhlis, penyuluh berprestasi maupun petani berprestasi saling berkaitan. Apabila petaninya sukses, produksi meningkat tentu pembinaanya yang dilakukan BPP bagus dan tepat sasaran.

Sampai saat ini, sebut Mukhlis, pihaknya sudah mengantongi nama-nama petani dan penyuluh yang berprestasi. Namun, nama ini akan diumumkan pada malam puncak Insan Pertanian yang akan digelar pada Oktober 2022, di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh.

“Apresiasi ini nantinya akan disampaikan berbentuk hadiah yang diserahkan langsung oleh kepala daerah yang mendapatkab kategori berprestasi. Penyerahan juga akan disaksikan oleh Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki,” tutupnya. (*)