Beranda Disbudpar Aceh Disbudpar Aceh Sambut Tamu dari 54 Kabupaten/Kota di Ajang API Award 2022

Disbudpar Aceh Sambut Tamu dari 54 Kabupaten/Kota di Ajang API Award 2022

BERBAGI
Kepala Disbudpar Aceh Almuniza Kamal didampingi Inong dan Agam Aceh saat meresmikan side event API Award 2022, di Gedung AAC Dayan Dawood, Kamis (24/11/2022). (Foto/Cut Nauval).

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh menyambut tamu dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia menghadiri rangkaian acara Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022, Kamis (24/11/2022).

Aceh sebagai tuan rumah dengan rangkaian kegiatan terpusat di AAC Dayan dawood, Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, yang digelar pada 24 – 25 November 2022. Malam puncak API Award digelar pada 25 November 2022.

Acara penyambutan dimeriahkan dengan pertunjukan tarian silat gelombang oleh sanggar ISBI Aceh. Saat penyambutan, Kepala Dinas Parwisata dan Kebudayaan Aceh Almuniza Kamal mengatakan, dengan mengusung tema Pesona Tanoh Aceh, Disbudpar Aceh menampilkan sebanyak 27 stan kuliner maupun beberapa produk ekonomi kreatif (ekraf) menarik untuk dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan.

Beberapa rangkaian agenda yang akan digelar, yakni gala dinner dan Malam Puncak API Award 2022, pameran produk ekonomi kreatif, pagelaran seni nusantara, pameran tradisi kuliner Aceh, serta beberapa paket wisata.

Ia mengatakan, beragam destinasi wisata siap menyambut para tamu dan tak lupa untuk mencicipi sensasi cita rasa kuliner yang lezat. Aceh selalu terbuka bagi wisatawan dan sangat aman untuk dikunjungi.

“Sesuai dengan tagline kita, pemulia jame adat geutanyo,” tuturnya.

Lanjut Almuniza, API Award tidak hanya sekedar ceremoni, namun juga sebagai momentum membangkitkan wisata daerah. Dia juga mengatakan, tiga kunci utama untuk memastikan kunjungan wisatawan menjadi nyaman adalah terjaminnya amenitas, akses dan atraksi.

Menurutnya pasca COVID-19, tren pariwisata Aceh meningkat. Dan diharapkan dengan agenda tersebut dapat membangkitkan serta mempromosikan wisata Aceh.

“Tren jumlah kunjungan meningkat, terbukti dari amenitas full, amenitas hotel yang ditempati di wilayah Banda Aceh full,” jelasnya.

Kegiatan ajang apresiasi pariwisata daerah di seluruh Indonesia yang telah dilaksanakan selama 7 tahun ini, kata Almuniza, diharapkan menjadi ajang promosi dalam mengembangkan dunia pariwisata dan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia,

“Mari kita sambut API Awards ke 7 dalam kemeriahan Pesona Cahaya Aceh,” ajaknya. Di akhir sambutannya, Almuniza Kamal menutup dengan sebuah pantun.

“Mie caluk mirip spageti, bisa ditemukan wilayah Pidie, malam puncak API sebentar lagi. Mari kita sukseskan acara ini,” tutupnya.

Pembukaan side event API dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita. Selanjutnya tamu diajak melihat berbagai produk ekonomi kreatif pada setiap stan, kemudian Disbudpar menggelar talkshow UMKM. Tamu diajak melihat stan kuliner serta ikut mencicipi khanduri kuah beulangong sambil mendengarkan hikayat Aceh. (*)