Rabu, Juli 17, 2024
Google search engine
BerandaDi Banda Aceh: 6 Sampel Makanan Berbuka Puasa Mengandung Borak

Di Banda Aceh: 6 Sampel Makanan Berbuka Puasa Mengandung Borak

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB-POM) menemukan ada enam sampel jajanan berbuka puasa yang mengandung bahan berbahaya berupa borak.

Sebelumnya, BBPOM Aceh melakukan pengawasan takjil yang berada di beberapa lokasi di Banda Aceh. Ada tiga lokasi yang diambil sampel menu takjilnya, yaitu di depan Masjid Raya Lhoong, Lampaseh dan Lamnyong.

Kepala BBPOM Aceh, Zulkifli mengatakan, 64 sampel dari berbagai jenis makanan telah diuji. Pihaknya menemukan empat sampel mie yang mengandung borak ditemukan di penjual takjil depan Masjid Raya Lhoong.

“20 Sampel hasil uji 16 MS (memenuhi syarat) dan 4 TMS (tidak memenuhi syarat) yaitu kandungan borak pada mie,” ujar Zulkifli kepada wartawan melalui pesan singkat, Jumat (18/5/2018).

Kemudian, di kawasan Lampaseh, ada sekitar 22 sampel makanan yang diuji. Dua jenis makanan terindikasi borak, yaitu terdapat dari salah satu pedagang mie dan satu kerupuk tempe.

Untuk kawasan Lamnyong, pihaknya tidak menemukan jenis makanan yang mengandung borak, dari 22 sampel makanan yang diuji. “Jadi total yang diuji 64 sampel. Memenuhi syarat 58 dan 6 diduga mengandung borak dan akan dilakukan uji lanjut (penegasan) di laboratorium,” ujarnya.

Pihaknya akan tetap rutin menggelar uji sampel makanan di setiap lokasi takjil di Kota Banda Aceh. Ia mengingatkan masyarakat, waspada terhadap makanan yang diduga menggunakan borak. Dengan cara, lebih teliti melihat makanan yang memiliki warna terang dan cerah dan patut dicurigai. (cdr)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER