Minggu, Mei 26, 2024
Google search engine
BerandaNasionalDek Gam, Riefky dan Illiza Diprediksi Lolos ke Senayan

Dek Gam, Riefky dan Illiza Diprediksi Lolos ke Senayan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pemilu 2024 telah usai. Hasil perhitungan suara di beberapa daerah pemilihan (dapil) sudah mulai diketahui.

Beberapa nama calon anggota DPR RI yang dijagokan oleh partai politik disebut berhasil lolos kembali ke senayan. Antara lain Nazaruddin Dek Gam dari Partai Amanat Nasional (PAN), Teuku Riefky Harsya dari Partai Demokrat dan Illiza Sa’aduddin Djamal dari PPP.

Calon anggota DPR RI dapil I Aceh ini, berdasarkan data dari para saksinya, berhasil meraih suara terbanyak di dapilnya, yaitu sekitar 118 ribu suara. Tapi versi KPU, hasil sementara yang diraih Dek Gam 9.341 suara.

Dek Gam sementara ini unggul di lima kabupaten/kota, yaitu Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya dan Kota Banda Aceh.

Dek Gam dari PAN yang partainya lolos parliamentary threshold atau ambang batas dan sudah mendekati angka 7 persen suara nasional itu, mengucapkan terima kasih kepada pendukung, tim pemenangan dan relawan yang telah bekerja keras selama masa kampanye.

“Semoga pesta demokrasi ini bisa menghasilkan pemimpin sesuai pilihan rakyat untuk lima tahun ke depan,” kata Dek Gam, Kamis (15/2/2024).

Dek Gam juga meminta kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk terus mengawasi proses rekapitulasi suara yang sedang berlangsung di tingkat TPS dan PPK, agar pemilu dapat berjalan sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Selain Dek Gam, nama lain yang berhasil lolos ke senayan adalah Teuku Riefky Harsya dari Partai Demokrat. Calon anggota DPR RI dapil I Aceh ini memurut catatan para saksi dan tim suksesnya, suara Riefky tembus di angka 100 ribu. Sedangkan data KPU masih mencatat perolehan suara sementara Riefky 4.775 suara.

Riefky yang partainya juga lolos parliamentary threshold merupakan politikus senior Partai Demokrat yang telah menjadi anggota parlemen selama empat periode. Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Ketua di Komisi I DPR RI yang membidangi masalah pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika.

Sedangkan suara yang besar lainnya juga di raih Illiza Sa’adudidin Djamal, dari partai PPP. Calon anggota DPR RI dapil I Aceh ini berdasarkan data KPU, mendapatkan 9.341 suara.

Illiza Sa’aduddin Djamal, incumbent yang juga mantan Wali Kota Banda Aceh ini, diprediksi lolos ke senayan. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER