Minggu, Mei 26, 2024
Google search engine
BerandaSuara DPRK Aceh BesarBila Jalan Tembus ke Lamno Tuntas, DPRK Aceh Besar: Jantho Segera Menjadi...

Bila Jalan Tembus ke Lamno Tuntas, DPRK Aceh Besar: Jantho Segera Menjadi Kota Transit Wisata

Jantho (Waspada Aceh) – Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali, menyatakan ibukota Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho, akan menjelma menjadi kota transit tujuan wisata. Peningkatan itu akan berjalan seiring dengan terbangunnya ruas jalan tembus yang menghubungkan Jantho, Kabupaten Aceh Besar dengan Lamno, Kabupaten Aceh Jaya. 

“Kita akan terus mendorong Pemkab untuk membenahi dan menata Kota Jantho, menjadi pusat persinggahan dan kota transit wisata. Apalagi nantinya, jalan Jantho-Lamno selesai dibangun maka akan meningkatkan konektivitas, aksesibilitas dan mobilitas warga,” kata Iskandar Ali didampingi Ketua Fraksi DPRK Aceh Besar, Yusran Yunus, Jumat (3/6/2022).

Iskandar menambahkan, dengan meningkatnya mobilitas warga, maka akan menjadikan Kota Jantho menjadi kota transit. Untuk itu, potensi pengembangan perekonomian daerah pun sangat besar melalui sektor wisata dan sektor ekonomi lainnya.

“Kita akan terus mendorong Pemkab agar berupaya kembangkan Jantho menjadi pusat persinggahan dengan tujuan kota transit wisata. Salah satunya JPP (Jantho Panorama Park) itu, nanti akan kita dorong untuk kembangkan lagi potensi wisata alam di Jantho,” ujar Yusran menambahkan.

Dia menilai, potensi Jantho dalam mengembangkan objek wisata alam sangat besar. Apalagi saat ini sudah banyak wisata yang semakin berkembang di Aceh Besar selain pantai. Untuk itu, dia optimis, denyut perekonomian daerah Kota Jantho akan hidup.

“Jantho sebagai denyut nadi perekonomian daerah akan meningkat dan semakin besar. Kita sangat optimis dan mendukung, pembangunan jalan Jantho-Lamno ini bisa segera selesai,” ungkapnya.

Yusran menegaskan DPRK di bawah kepemimpinan Iskandar Ali akan terus bersinergi dengan para pelaku usaha terutama UMKM, masyarakat, kepemudaan, tokoh agama dan eksekutif untuk terus mendorong mengembangkan perekonomian daerah. Pemberdayaan masyarakat dan UMKM salah satu kuncinya, termasuk dalam pengembangan Jantho menjadi kota transit wisata dari akses Jalan Jantho – Lamno.

Seperti diketahui, hingga akhir tahun 2021, realisasi fisik pembangunan ruas jalan Jhanto – Lamno telah mencapai 44,74 persen dan akan tuntas pada akhir tahun ini.

Progres pembangunan jalan Jantho batas Aceh Jaya ini bisa tuntas sesuai jadwal yang telah disusun. Paket proyek multiyears pada ruas jalan Jantho-Lamno ini menjadi barometer. Sampai saat ini, belum ada kendala yang berarti dalam pembangunan ruas jalan tersebut. (sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER