Jumat, Juni 14, 2024
Google search engine
BerandaBanjir di Labura: 2 Tewas, 3 Hilang dan Puluhan Rumah Rusak

Banjir di Labura: 2 Tewas, 3 Hilang dan Puluhan Rumah Rusak

Aek Kanopan — Dua orang dilaporkan tewas, dan puluhan rumah hanyut dan rusak berat diterjang banjir bandang di Desa Pematang dan Desa Hatapang, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Provinsi Sumatera Utara.

Pencarian terhadap para korban yang hanyut dan tertimbun lumpur dan batu, masih terus dilakukan. Para petugas SAR gabungan menyusuri sungai dan hutan di wilayah tersebut.

Salah seorang warga Labura, Arie, mengatakan kepada waspadaaceh.com, Jumat (3/1/2020), para petugas dan warga masih terus melakukan pencarian terhadap para korban yang dilaporkan masih hilang.

Berita Terkait: BPBD Sumut: Status Darurat Banjir Bandang Labura, 3 Korban Belum Ditemukan

Catatan sementara, 36 rumah warga hanyut disapu banjir, dua jembatan rusak, puluhan hektare sawah tertimbun lumpur, batu dan balok kayu. Banjir juga merusak jembatan kecil dan merusak saluran irigasi.

Kayu gelondongan tampak menumpuk di sekitar rumah warga setelah dibawa arus banjir bandang dari hulu sungai di Labuhanbatu Utara. (Foto/Ist)

Sampai hari ini tercatat, dua orang korban telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Kedua korban tewas ini ditemukan pada Rabu (1/1/2019) di sekitar Sungai Aek Katia, Dusun Batu Bujur, Kecamatan Bilah Barat dan di Sungai Bilah Kampung Paindoan, Kecamatan Rantau Utara.

Kedua korban yang ditemukan adalah lima dalam satu keluarga yang sebelumnya dilaporkan telah hanyut terbawa arus sungai saat terjadi banjir bandang. Dua dari tiga korban itu telah ditemukan, sedangkan tiga korban lainnya masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Warga setempat mengatakan, banjir bandang menerjang desa mereka secara tiba-tiba. Air bah disertai lumpur, batu besar dan kayu gelondongan, menghantam rumah penduduk di daerah itu. Sebagian rumah yang berada di sekitar DAS, bahkan terseret ke dalam sungai. (sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER