Beranda Info Aceh Jaya Atasi Kebakaran Lahan dan Hutan, BPBK Aceh Jaya Bentuk Satgas Karhutla

Atasi Kebakaran Lahan dan Hutan, BPBK Aceh Jaya Bentuk Satgas Karhutla

BERBAGI

Calang (Waspada Aceh) – Badan Penanggulan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya membentuk Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Aula Hotel Pantai Barat, Rabu (1/12021).

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, Fajri mengatakan, pembentukan satgas karhutla ini bertujuan untuk memantau, melaksanakan pencegahan dan penanganan terhadap bencana karhutla di wilayah Kabupaten Aceh Jaya.

Untuk itu, pihaknya terus bersinergi dengan TNI/Polri dan mengaktifkan posko bencana karhutla di tingkat kecamatan dalam wilayah setempat.

“Kami akan mengaktifkan semua posko di setiap kecamatan dan memaksimalkan peran anggota damkar, Babinsa, Babinkamtibmas, dalam pengawasan di wilayah masing-masing,” kata Fajri saat rapat koordinasi pembentukan Satgas Karhutla.

Pada kesempatan itu Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB, diwakili Seketaris Daerah, Mustafa, mengungkapkan berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 364/3940/SJ tentang kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam pencegahan dan penanggulangan bencana Karhutla.

Pemkab Aceh Jaya menginstruksikan BPBK untuk bersinergi dengan TNI-Polri dan mengaktifkan posko bencana di setiap kecamatan melakukan pemantauan dan pencegahan serta penanggulangan setiap bencana yang terjadi.

” Kami instruksikan kepada badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Aceh Jaya agar dapat mengaktifkan posko bencana Karhutla dan terus bersinergi dengan TNI-Polri untuk memantau dan melaksanakan pencegahan, penanggulangan dan penanganan bencana karhutla,” pintanya.

Selain itu, Mustafa meminta pelaku pembakaran hutan dan lahan di tindak sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku dan melaporkan penanggulangan bencana karhutla secara berkala setiap bulannya.

Dia berharap, semua pihak ikut peran aktif dalam mensosialisasikan bahaya Karhutla kepada masyarakat demi meminimalisir potensi dan jumlah kebakaran.

“Melalui sosialisasi kepada masyarakat, kami yakin langkah itu dapat mengurangi resiko kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Jaya,” pungkasnya.

Ikut hadir pada kegiatan itu Sekda Aceh Jaya, Kasi Pidum Kejari Aceh Jaya, Pasi Ops Kodim 0114/Aceh Jaya, Kabag Ops Polres Aceh Jaya, Danki Brimob Aceh Jaya, Danki Senapan C, kepala SKPK dan para camat se Kabupaten Aceh Jaya. (Ria)

BERBAGI