Selasa, Februari 27, 2024
Google search engine
BerandaAngin Kencang Juga Terjang Bener Meriah dan Sabang, Belasan Rumah Roboh

Angin Kencang Juga Terjang Bener Meriah dan Sabang, Belasan Rumah Roboh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Angin kencang disertai hujan ternyata juga menerjang Kabupaten Bener Meriah dan Sabang. Belasan rumah dilaporkan roboh di dua kawasan itu akibat angin kencang yang terjadi sejak Sabtu hingga Minggu (28-29/5/2922).  

Dari pengamatan Waspadaaceh.com, sejak Sabtu pagi Kota Sabang dilanda hujan deras disertai angin kencang. Sejumlah pohon tumbang dan di beberapa desa rumah warga dilaporkan roboh diterjang angin.

Begitu juga yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah, tiupan angin kencang menerbangkan atap dan merobohkan belasan rumah warga.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut namun ada setidaknya 13 rumah warga yang di laporkan rusak,” kata Kapolres Bener Meriah AKBP Indra Novianto, Minggu (29/5/2022).

Kapolres mengatakan, angin kencang melanda empat kecamatan di Bener Meriah, di antaranya Kecamatan Syiah Utama, Kecamatan Bukit, Kecamatan Wih Pesam dan Kecamatan Bandar.

“Saya mendapat laporan bahwa di Kecamatan Syiah Utama angin kencang merusak 1 rumah warga, kemudian di Kecamatan Bukit 6 rumah warga, Kecamatan Wih Pesam 3 rumah dan di Kecamatan Bandar angin kencang merusak 3 rumah warga,” kata Indra.

Di Sabang

Sementara itu Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, Syamsurizal, ketika dikonfirmasi Waspada, Minggu pagi (30/05/2022) menyebutkan, hujan lebat dan angin kencang dengan intensitas tinggi terjadi sejak Sabtu pagi mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan beberapa rumah warga rusak.

Menurut laporan dari Pusdalops BPBD Sabang yang bertugas, sudah terdeteksi pohon tumbang di beberapa titik. Seperti di daerah tanjakan Anek Laot, Ujong Sekundur dan jalan menuju Tugu Kilometer Nol di Iboh.

Sedangkan atap rumah warga yang diterbangkan angin seperti di Gampong Kuta Barat, Jaboi, Iboih dan masih ada di beberapa desa yang belum dilaporkan ke petugas Pusdalops BPBD Sabang, ujarnya.

Pada hari Minggu pagi (30/05/2022) diterima laporan sejumlah rumah dan pondok wisata di sekitar kawasan Taman Rekreasi Sabang Fair, juga mengalami kerusakan. 

Sebelumnya dilaporkan terjangan angin merusak rumah dan menumbangkan pohon di kawasan Pidie, Aceh Besar dan Banda Aceh. (Waspada.id)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments