Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaAceh "Panen" WTP, Sabang Sudah 9 Kali

Aceh “Panen” WTP, Sabang Sudah 9 Kali

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Selain Pemerintah Aceh, sejumlah pemerintah kabupaten dan kota di Aceh meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian alias WTP dari auditor independen BPK RI Perwakilan Aceh.

Sebelumnya Kabupaten Bireun, Bener Meriah dan Kota Banda Aceh, meraih WTP. Selanjutnya pada Senin (28/5/2018) giliran empat kabupaten/kota didapuk predikat serupa, yakni Pemko Sabang, Pemkab Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat Daya dan Kabupaten Gayo Lues.

Pemerintah Aceh di bawah duet Gubernur Irwandi Yusuf dan Wakil Gubernur Nova Iriansyah, juga sukses dalam mengelola keuangan yang akuntanbel dan transparan.

Dari kabupaten/kota dan provinsi, bahkan ada yang setiap tahun langganan meraih WTP seperti Pemkab Nagan Raya dan Kota Banda Aceh. Sedangkan pemerintah provinsi Aceh mendapat opini WTP tiga kali berturut.

Sembilan kali WTP

Seperti dilaporkan KBA.ONE, Pemerintah Kota Sabang kembali menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017. Penghargaan ini diserahkan di ruang rapat BPK RI Perwakilan Aceh di Banda Aceh, Senin (28/5/2018).

Bahkan penghargaan opini WTP kali ini merupakan ke sembilan kalinya yang diperoleh Pemerintah Kota Sabang. Enam tahun terakhir, opini WTP diperoleh secara berturut-turut.

“Opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan. Pemeriksaan keuangan tidak dimaksudkan untuk mengungkapkan adanya penyimpangan (Fraud) dalam pengelolaan keuangan,” demikian Kepala BPK Perwakilan Aceh, Isman Rudy, dalam sambutannya.

Lanjutnya, jika tim pemeriksa menemukan adanya penyimpangan, kecurangan atau pelanggaran terhadap ketentuan perundang-undangan, khususnya yang berdampak adanya potensi dan indikasi kerugian negara, maka hal ini harus diungkapkan dalam laporan hasil pemeriksaan.

“Bagi BPK hal ini perlu disampaikan, mengingat masih banyak terjadinya kesalah-pahaman oleh sebagian kalangan mengenai opini BPK,” katanya.

Hadir pada acara tersebut Wali Kota Sabang Nazaruddin, Sekda Kota Sabang, Zakaria, beserta para Tim Audit BPK RI, Wakil Ketua DPRK Sabang Aprizal, Inspektur Kota Sabang, Sekwan Kota Sabang, Ketua DPKD Azwadi dan Kabag Humas dan Umum Pemko Sabang, Bahrul Fikri. (B01)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER