Kamis, September 19, 2024
BerandaAcehBanjir Luapan di Aceh Besar, 2 Rumah dan 1 Masjid Tergenang

Banjir Luapan di Aceh Besar, 2 Rumah dan 1 Masjid Tergenang

Aceh Besar (Waspada Aceh) – Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Kecamatan Lhoong sejak Jumat (9/8/2024) siang, menyebabkan luapan sungai Krung Kala di Gampong Krung Kala, Kabupaten Aceh Besar.

Luapan air ini menggenangi dua rumah warga dengan ketinggian air mencapai 20 cm dan merendam Masjid Daruth Thalibin hingga 30 Cm.

Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Besar Maswani mengatakan, informasi banjir diterima pada pukul 16.10 WIB. Ia mengatakan banjir terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi sejak pukul 13.01 WIB.

Sungai Krung Kala yang tidak mampu menampung debit air mengakibatkan luapan yang sempat menghambat akses warga ke desa.

“Kondisi debit air mulai surut perlahan dan intensitas hujan pun menurun. Namun, masyarakat diimbau tetap waspada jika hujan kembali deras,” ujarnya Sabtu (10/8/2024).

Saat ini, warga yang rumahnya terendam sudah mulai melakukan pembersihan. Petugas BPBD Aceh Besar, dibantu unsur Muspika, terus melakukan pendataan, pemantauan, dan koordinasi dengan perangkat desa. Kondisi hujan yang mulai reda sejak pukul 17.37 WIB membuat debit air berangsur surut.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, masyarakat di sekitar lokasi banjir diminta tetap siaga mengantisipasi kemungkinan hujan deras susulan.

Berbagai pihak, termasuk TNI, Polri, Tagana Dinsos Aceh Besar, dan masyarakat, turut terlibat dalam penanganan banjir ini.

Hingga saat ini, aktivitas di Gampong Krung Kala mulai kembali normal, dan warga terus berusaha membersihkan area yang terdampak. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER