Selasa, April 30, 2024
Google search engine
BerandaAcehUlama Dayah Nagan Raya Turut Beduka Cita Atas Wafatnya Abu Tumin

Ulama Dayah Nagan Raya Turut Beduka Cita Atas Wafatnya Abu Tumin

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Atas wafatnya ulama Aceh, Tgk H.Muhammad Amin Bin Mahmud Syah atau lebih dikenal dengan panggilan Abu Tumin Blang Blahdeh, Selasa sore (27/9/2022), ulama dayah se Kabupaten Nagan Raya turut berduka cita.

Ketua Tastafi Nagan Raya, Abiya Husaini Ishaq Rabu (28/9/2022) menyebutkan, kepergian ulama Aceh menghadap sang khalik tersebut, meninggalkan duka mendalam bagi ulama dan masyarakat Aceh.

“Abu Tumin merupakan salah seorang ulama tertua di Aceh. Pada usia 90 tahun, Allah telah memanggil guru kita untuk selama-lamanya,” kata Abiya Husaini Ishaq.

Hal ini menjadi pukulan keras bagi ulama Aceh, karena dengan wafatnya Abu Tumin bagaikan padamnya lampu penerang di tengah tengah masyarakat Aceh saat ini, lanjut Abiya Husaini mewakili ulama Dayah Nagan Raya itu.

Menurut Abiya Husaini Ishaq, Almarhum Abu Tumin merupakan salah seorang ulama Aceh yang telah banyak melahirkan ulama dayah se Aceh. Sehingga dengan wafatnya Abu Tumin, tangis kesedihan menyelimuti rakyat Aceh.

Untuk itu Abiya Husaini mengharapkan kepada ulama dayah serta masyarakat agar melaksanakan shalat ghaib untuk Abu Tumin di dayah masing masing.

“Semoga almarhum Abu Tumin khusnul khatimah dan Almarhum ditempatkan bersama para aulia Allah di syurga nanti,” ujar Ketua Tastafi itu dengan nada sedih. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER