Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaBNN RI Pantau Ladang Ganja di Aceh Lewat Satelit

BNN RI Pantau Ladang Ganja di Aceh Lewat Satelit

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Badan Narkotika Nasional Republik lndonesia (BNN-RI) memantau ladang ganja di Aceh lewat satelit.

Kabag Publikasi dan Media Sosial BNN RI Kombes Pol Riki Yanuarfi didampingi Kepala BNNK Banda Aceh, Masduki, di Banda Aceh, Rabu (28/9/2022) mengatakan, ladang ganja yang sering ditemukan di daerah Aceh, yaitu Lamteuba Aceh Besar, Gayo Lues, Aceh Utara dan sebagian wilayah Lhokseumawe.

“Tetap kita monitor terus lewat satelit tanaman ganja milik masyarakat, tanaman yang dilarang oleh pemerintah,” sebutnya.

Meski pemantauan bisa dilakukan lewat satelit, namun pihaknya mengakui ada kendala untuk menangkap pelaku penanam ganja.

“Biasanya mereka yang menanam ganja, setelah menyebar benih pergi. Jadi ini menjadi kendala dari BNN sendiri untuk mengungkap pelaku. Tetapi ada beberapa yang diamankan,” sebutnya.

Dia menyebutkan Aceh terkenal banyak ganja, meski demikian, komitmen masyarakat Aceh sangat besar tetap mendukung BNN untuk memudahkan pemusnahan ganja. Karena ganja ini, betul-betul dapat menghancurkan generasi muda.

Ke depan, pihaknya ada program Grand Design Alternative Development (GDAD). Hal ini untuk mengubah pola pikir rakyat Aceh, khususnya petani yang ada di pedalaman. Petani diharapkan tidak lagi menanam ganja, namun mengalihkan kepada tanaman produktif yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Menurutnya, narkoba ini tidak saja menghancurkan masa depan tapi juga bisa menghancurkan bangsa ini. Maka dari itu, dia mengajak masyarakat untuk terus memberantas narkoba dari hulu hingga ke hilir

“Mari kita berkomitmen kepada generasi muda, kepada jurnalis untuk kita kampanyekan bahwa narkoba ini adalah musuh kita bersama,” tutupnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER