Jumat, Oktober 18, 2024
BerandaSumutTim SAR Khusus Nataru Siaga Hingga Tahun Baru

Tim SAR Khusus Nataru Siaga Hingga Tahun Baru

Medan (Waspada Aceh) – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Medan mempersiapkan petugas Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun baru 2022 (Nataru). Meski libur namun SAR Medan ingin agar pelayanan pertolongan yang cepat, tepat, aman dan handal tetap tersedia.

“Pelaksanaan siaga SAR khusus kali ini dilaksanakan selama 19 hari dimulai tanggal 17 Desember 2021 sampai 04 Januari 2022. Di mana Basarnas melalui Kantor SAR Medan melaksanakan siaga SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (Quick Response SAR),” kata Kepala Kantor SAR Medan Toto Mulyono saat memimpin apel, Jumat (17/12/2021).

Toto mengatakan, kegiatan kesiapsiagaan SAR Khusus Nataru akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas. Namun Kantor SAR Medan juga siap bila ada potensi terjadinya kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian khusus dari Basarnas.

Toto menjelaskan, Kantor SAR Medan juga telah menyiapkan peralatan SAR yang bisa digunakan seperti pada peralatan air tersedia 4 Kapal, yaitu Kapal KN SAR Sanjaya di Tanjung Balai Asahan, RB 203 di Belawan, RB 301 di Tanjung Balai Asahan dan KN SAR 412 di Parapat Danau Toba. Selain itu, juga telah disiapkan peralatan darat yang digunakan untuk mobilitas personil yang akan melaksanakan patroli nantinya.

“Pelayanan SAR yang dilaksanakan pada momen Kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus tidak lepas dari orientasi pada pelayanan yang bersikap sopan dan santun, baik dalam berkordinasi dengan instansi terkait maupun berhubungan langsung dengan masyarakat dalam melaksanakan misi penyelamatan di Lapangan dan selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan diri sendiri,” tegasnya. (sulaiman achmad)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER