Kamis, April 18, 2024
Google search engine
Beranda6 Hari Kebakaran Lahan di Aceh Selatan Belum Berhasil Dipadamkan

6 Hari Kebakaran Lahan di Aceh Selatan Belum Berhasil Dipadamkan

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Kebakaran lahan perkebunan masyarakat yang terletak di Gampong Padang Beurahan dan Ujung Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan, belum berhasil dipadamkan.

“Hari ke 6 tim gabungan masih berupaya melakukan pemadaman kebakaran lahan masyarakat dua desa itu,” kata Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, Cut Syazalisma, Sabtu (20/2/2021).

Dia menjelaskan, penyebab kurang efektifnya pemadaman lahan yang dilakukan tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BKPH, TNGL dan lainnya karena kurangnya sumber air di lokasi kebakaran.

“Personil kita sudah berupaya maksimal dengan menurunkan 7 unit mesin portable. Namun, api yang membakar 34 hektare lahan perkebunan masyarakat belum sepenuhnya berhasil kita padamkan,” ujarnya.

Sampai saat ini, katanya, 10 hektare lahan lagi belum berhasil dipadamkan. Kemungkinan akan terus bertambah mengingat cuaca masih cukup terik dan belum adanya tanda-tanda turun hujan.

“Rencananya tim gabungan akan melanjutkan upaya pemadaman dengan melakukan pemasangan tandem air sebagai penyuplai,” jelasnya.

Cut Syazalisma berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi Aceh agar ada tambahan peralatan maupun logistik untuk memaksimalkan upaya pemadaman.

“Tim gabungan kita terus melakukan upaya pemadaman secara maksimal agar kobaran api tidak lagi merambat lebih luas,” pungkasnya.(Faisal)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER