Beranda Aceh 352 Ekor Ternak Warga Aceh Selatan Terjangkit PMK

352 Ekor Ternak Warga Aceh Selatan Terjangkit PMK

BERBAGI
Kabid Peternakan, Sunaidi Hasyim, (Foto/Faisal)

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Selatan, menyebutkan, sedikitnya 352 ekor ternak warga ditemukan terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kabid Peternakan, Sunaidi Hasyim, kepada Waspadaaceh.com, Jum’at (24/6/2022) mengatakan, sebanyak 352 ekor hewan ternak warga terjangkit PMK sejak 27 Mei hingga 24 Juni ini.

Adapun jumlah ternak warga yang terjangkit PMK yakni, lembu 199 ekor, mati 3 dan sembuh 136 ekor, kerbau 151 sakit dan sembuh 64 ekor. Sementara kambing 2 ekor dan sudah sembuh.

“Ternak hewan warga yang terjangkit PMK ini akan dilakukan vaksinasi. Aceh Selatan sendiri mendapatkan 400 dosis vaksin ternak,” jelasnya.

Dinas Pertanian dan Peternakan Aceh Selatan akan melakukan vaksinasi mulai 27-29 Juni 2022. Vaksinasi pertama dilaksanakan di Gampong Panton Bili, Kecamatan Trumon, sebanyak 200 dosis.

“Hari kedua dilakukan vaksinasi di Pasie Raja sebanyak 100 dosis dan selanjutnya Kecamatan Sawang dan Samadua 100 dosis,” katanya.

Warga Aceh Selatan diimbau waspada ketika membeli hewan ternak di luar daerah dan dia menyarankan agar membeli ternak yang ada surat kesehatan dan dibeli ke daerah zona hijau.

“Kita juga harap kepada masyarakat jika ada ditemukan hewannya terjangkit PMK segara melaporkan petugas setempat,” harapnya. (Faisal)