Minggu, Juni 23, 2024
Google search engine
Beranda1.604 Peserta CPNS Ikuti Try Out, Ujian Digelar 27 Januari

1.604 Peserta CPNS Ikuti Try Out, Ujian Digelar 27 Januari

Singkil (Waspada Aceh) – Ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi umum tahun 2020 di Kabupaten Aceh Singkil dijadwalkan akan digelar 27 Januari 2020.

Sambil menanti jadwal ujian tersebut, para peserta CPNS diberikan latihan gratis, atau try out sebagai simulasi pelaksanaan ujian, mulai pendaftaran, registrasi peserta hingga mengisi 100 soal menggunakan perangkat komputer.

Try out baru tahun ini dilaksanakan. Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sumberdaya manusia putra-putri daerah, kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab. Aceh Singkil, Ali Hasmi, di sela-sela berlangsungnya pelaksanaan try out di kantor BKPSDM di Singkil, Jumat (17/1/2020).

Lanjut Hasmi, try out dilaksanakan bertujuan sebagai simulasi sekaligus ujicoba kehandalan jaringan, tes pengisian 100 soal oleh peserta dengan perangkat komputer langsung. Peserta nantinya diharapkan tidak canggung lagi saat pelaksanaan ujian.

Kegiatan akan dilaksanakan sejak 13-17 Januari, dan dijadwalkan akan ada penambahan waktu hingga 23-25 Januari, menjelang pelaksanaan ujian seleksi CPNS pada 27 Januari 2020.

Begitupun, katanya, try out yang telah berlangsung selama hari, tercatat tingkat kelulusan peserta hanya sekitar 5 persen. Sehingga diharapkan putra-putri daerah bisa belajar dan lebih meningkatkan pengetahuan.

“Ini tahun pertama dilaksanakan, kita juga sudah beri peluang untuk putra-putri daerah, agar menjadi PNS daerah. Dengan syarat KTP daerah, namun jika kelulusan kecil juga, yah itu sudah hasil nya,” ucap Hasmi.

Sementara itu, untuk persiapan pelaksanaan ujian CPNS nanti, katanya, pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah survei rencana lokasi ujian dan melihat kesiapan daerah.

“Pihak BKN sudah turun langsung dan setuju lokasi ujian diselenggarakan di Aula Dinas Kesehatan Pulo Sarok Singkil, dan jadwal yang diusulkan juga sudah disetujui 27 Januari 2020,” ucap Hasmi.

Dari jumlah 1.604 peserta CPNS akan dilaksanakan 4 sesi dalam sehari dan akan berlangsung selama empat hari mulai 27 – 30 Januari 2020.

Pihaknya juga sudah menyiapkan 110 unit perangkat komputer, persiapan jaringan listrik maupun genset, serta telah berkoordinasi dengan PLN. Termasuk pengamanan dari Satpol PP, kepolisian, serta bidang kesehatan yang juga menyiagakan dokter dan ambulance di lokasi ujian.

Kelulusan nantinya bisa langsung dilihat pada tampilan monitor didepan ruang ujian. Penilaian Passingrade (nilai ambang batas) mencapai 271. Meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP):126, Tes IntelegensiUmum (TIU): 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK): 65. (Arief)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER