Beranda Info Aceh Jaya Tgk Hammadi Terpilih Menjadi Ketua MPU Aceh Jaya Periode 2022 – 2027

Tgk Hammadi Terpilih Menjadi Ketua MPU Aceh Jaya Periode 2022 – 2027

BERBAGI
Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Jaya menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke 5 di sekretariat MPU setempat, Kamis (15/9/2022) (Foto/Ist)

Calang (Waspada Aceh) – Tgk Hammadi terpilih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Jaya periode 2022 – 2027 melalui Musyawarah Daerah (Musda) ke 5,  Kamis 15 September 2022 di sekretariat MPU setempat.

“Musda ke 5 MPU Kabupaten Aceh Jaya berjalan dengan sukses dan dilaksanakan sederhana dengan jumlah peserta 36 orang terdiri dari ulama unsur kabupaten dan ulama unsur kecamatan yang representatif,” ujar M Yani, Kepala Sekretariat MPU Aceh Jaya, Rabu siang (21/9/2022).

Yani menjelaskan, kegiatan semula dilakukan pemilihan anggota. Sebelumnya para anggota tersebut telah lulus mengikuti beberapa proses seleksi sesuai persyaratan yang telah ditentukan penyelenggara.

“Salah satu tahapan seleksinya adalah tes baca, terjemahan dan pemahaman kitab. Mereka yang lulus kemudian memenuhi syarat untuk memilih dan mencalonkan diri sebagai ketua,” terangnya.

Yani menambahkan, bedasarkan Qanun Aceh Nomor 2 Tahun 2009 tentang Majelis Permusyawaratan Ulama disebutkan bahwa masa bakti MPU kabupaten/kota selama 5 tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa bakti pada tahun berikutnya

“Alhamdulillah, Tgk Hammadi terpilih menjadi Ketua MPU Kabupaten Aceh Jaya periode 2022 – 2027 dengan jumlah suara sebanyak 13 suara. Mengungguli Tgk Nazaruddin dengan jumlah suara sebanyak 1 suara dan Tgk Jalaluddin Basya sebanyak 5 suara,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, jabatan Ketua Komisi A terpilih Tgk. Ibnu Hajar. Sedangkan Komisi B, Tgk Saifuddin dan Komisi C, Tgk Munawar Dani.

Yani berharap, kepengurusan MPU Kabupaten Aceh Jaya yang baru tersebut terus menjadi lampu penerang bagi umat dan penunjuk arah ketikan umat berada dalam keadaan ketidakpastian

“Kami juga berharap agar selalu mendapat dukungan dari semua kalangan agar MPU Aceh Jaya periode sekarang dapat bekerja sebagaimana telah diamanahkan,” pungkasnya. (Zammil).

BERBAGI