Selasa, April 16, 2024
Google search engine
BerandaAcehStok Beras di Aceh Aman Jelang Ramadhan, Harga Terkendali

Stok Beras di Aceh Aman Jelang Ramadhan, Harga Terkendali

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pimpinan Wilayah Perum Bulog Aceh, Saldi Aldryn, memastikan bahwa stok beras di provinsi tersebut aman menjelang bulan Ramadan.

Hal ini disampaikan oleh  usai melakukan monitoring stok dan harga beras di pasar Almahirah Banda Aceh bersama Dinas Pangan Aceh dan Satgas Pangan, Selasa (27/2/2024).

Usai monitoring stok dan harga di pasaran, mereka juga meninjau persediaan beras di gudang Bulog Aceh, yang berlokasi di Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Saldi menjelaskan stok beras Bulog saat ini yang sudah tersimpan di seluruh wilayah Aceh sebanyak 14.082 ton, sudah termasuk dengan pasokan beras impor yang saat ini sedang bongkar di Pelabuhan Malahayati yang diimpor dari Thailand.

“Masih ada lagi yang masuk dari Medan sekitar 5.000 ton. Selanjutnya tanggal 1 Maret 2024 ini akan masuk dari Pelabuhan Krueng Geukueh Lhokseumawe 6.500 ton beras dari Vietnam,” kata Saldi.

Ia menambahkan, persediaan beras yang ada di gudang Perum Bulog sangat cukup untuk memenuhi permintaan masyarakat. Ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan beras menjelang Ramadan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Aceh, Surya Rayendra, mengatakan kenaikan harga beras di Aceh tidak terlalu ekstrim dibandingkan dengan daerah lain. Ia menjelaskan, untuk beras Medium HET (Harga Eceran Tertinggi) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 11.500 per kilogram, harga rata-rata beras di Aceh adalah Rp 13.000 per kilogram.

Sedangkan untuk premium HET yang ditetapkan sebesar Rp 14.400 per kilogram, harga rata-rata beras di Aceh adalah Rp 14.600 per kilogram.

Surya mengapresiasi kerja sama dengan Bulog dalam menjaga stok dan stabilisasi harga beras di Aceh. Ia mengatakan, bantuan SPHP dari Bulog sangat membantu menstabilkan harga beras di pasaran.

“Alhamdulillah bisa dikendalikan, apalagi ada bantuan SPHP Bulog sehingga harga komersial dan bantuan dari SPHP membuat harga semakin berimbang. Kita kerja sama dengan Bulog untuk stok dan memantau penyaluran SPHP setiap minggunya untuk menyeimbangkan harga di pasaran. Ke depan juga akan ada program gerakan bazar yang akan kami laksanakan mendekati Ramadan,” ujar Surya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER