Rabu, Februari 21, 2024
Google search engine
BerandaAcehSrikandi PLN, Resmikan Desa Berdaya di Banda Aceh

Srikandi PLN, Resmikan Desa Berdaya di Banda Aceh

Banda Acehn(Waspada Aceh) – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Aceh resmikan Desa Berdaya yaitu Gampoeng Geuceu Meunara Minggu (3/9/2023). Peresmian tersebut dilakukan GM PLN UID Aceh yang diwakili oleh Srikandi PLN, Nurlana, selaku Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum.

Aidil Azhari, Keuchik Geuceu Meunara sangat berterimakasih kepada PLN yang telah memilih desanya sebagai Desa Berdaya.

“Disini kami mendapat tiga jenis bantuan yaitu 5 unit kios gampong, lembaga kursus bahasa inggris, dan usaha daur ulang plastik. Kios tersebut nantinya akan kami sewakan ke pelaku UMKM Desa dan dananya akan masuk ke kas desa seperti subsidi silang untuk mendongkrak ekonomi desa kami dan lembaga kursus bahasa inggris ini juga sebagai media untuk mencetak generasi cerdas tingkat SD dan SMP yang mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris,” kata Aidil.

Srikandi PLN UID Aceh Nurlana menyampaikan Program Desa Berdaya PLN bertujuan untuk membangun kawasan desa tangguh binaan PLN dengan konsep empowerment sehingga dapat menjadi “Role Model” optimasi potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

“Program Desa Berdaya PLN mengintegrasikan 3 pilar yakni Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK di desa tersebut,” ujarnya

Selain itu, PLN juga memiliki tujuan untuk mengembangkan ekosistem perekonomian yang dimulai dari hulu sampai ke hilir. Tentu ini menjadi wadah untuk mengedukasi masyarakat bahwa kios nantinya dapat digunakan sebagai lahan perputaran ekonomi gampong dengan beberapa UMK dapat memperkenalkan dan menjual hasil usahanya di kios tersebut.

“Dunia pendidikan di Era 4.0 yang bahkan sedang menuju 5.0 sangatlah penting, bahasa inggris bukan lagi hanya sebatas mata pelajaran melainkan sudah menjadi bahasa yang akan digunakan sehari-hari nantinya, dan anak-anak aceh khusus nya Gampong Meunara dapat bersaing sampai kancah Internasional InsyaAllah. Aamiin,” jelasnya.

“Harapan PLN semoga apa yang kita sama-sama resmikan di hari ini dapat terus continue dan berkembang, sehingga desa ini menjadi desa tangguh, lebih sejahtera dengan mendorong pertumbuhan ekonomi desa,” jelasnya.

Dia mengungkapkan mampu memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi kesejahteraan masyarakat, juga dapat memberikan kebanggaan serta motivasi untuk terus tumbuh menjadi desa yang berprestasi. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments