Kamis, Februari 29, 2024
Google search engine
BerandaSinabung Erupsi, Warga Aceh Tenggara Panik

Sinabung Erupsi, Warga Aceh Tenggara Panik

Kutacane (Waspadaaceh): Akibat erupsi gunung Sinabung di Kabupaten Karo, yang terjadi Senin pagi (19/2), menyebabkan kabut debu melanda seluruh wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, sejak kemarin hingga hari ini, Selasa (20/2).

Hujan debu di daerah Aceh Tenggara, khususnya Kutacane, menyebabkan masyarakat enggan melakukan aktivitas dan memilih untuk diam di dalam rumah. Wilayah terparah terkena debu vulkanik tersebut adalah Kecamatan Leuser, Babul Rahmah dan Tanah Alas.

Selain itu debu berwarna putih tersebut selain menggangu aktivitas masyarakat juga menyebabkan rumah dan perkebunan masyarakat berwarna putih. Mobil-mobil yang diparkir juga terkena siraman debu putih. Sebagian besar masyarakat terlihat menggunakan masker penutup mulut, demi menjaga kesehatannya.

Aceh Tenggara memang kabupaten paling ujung di Propinsi Aceh yang bertetangga langsung dengan Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pada saat terjadi erupsi Gunung Sinabung, hembusan angin memang mengarah ke daerah Aceh Tenggara.

Terkait dengan hujan debu vulkanik ini, sejumlah petugas dari berbagai instansi, seperti Dinas Kesehatan, BPBD dan Kodim 0108/Agara, sejak Senin hingga hari ini, Selasa (20/2), terlihat masih membagikan masker gratis kepada masyarakat. (abadi)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments