Rabu, Juli 17, 2024
Google search engine
BerandaTulisan FeatureSerunya Belajar Sambil Eksperimen dan Mengenal Cendekiawan Muslim

Serunya Belajar Sambil Eksperimen dan Mengenal Cendekiawan Muslim

“Kami ingin memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan kepada anak-anak tentang ilmu pengetahuan”

Sofia,12, tahun, dengan antusias menuangkan betadine ke dalam sebuah wadah berisi air. Kemudian menambahkan jeruk nipis ke dalam campuran itu, dan terkejut saat melihat perubahan warnanya menjadi putih.

“Wah, kok bisa berubah jadi warna putih!” serunya.

Pagi itu, Sofia bersama 24 teman lainnya mengikuti Fun Science Class dengan tema “Petualangan Sains dalam Abad Keemasan Islam,” yang diinisiasi oleh Learn With Imako, yang berlangsung di Hermes Hotel, Banda Aceh, Rabu (10/9/2024).

Kelas dimulai dengan eksperimen yang memperkenalkan Jabir bin Hayyan, seorang kimiawan Muslim yang dikenal sebagai bapak ilmu kimia.

Indira Kania Putri, Founder Learn With Imako, menjelaskan ini adalah contoh reaksi kimia yaitu oksidasi vitamin C dalam jeruk nipis yang mengubah betadine (iodin) menjadi tidak berwarna.

Acara tersebut tidak hanya mengenalkan konsep sains dengan cara yang menyenangkan, tetapi juga memperkenalkan sejarah masa kejayaan peradaban Islam yakni masa keemasan Dinasti Abbasiyah.

Indira menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan batch ketiga dari Fun Science Class yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak-anak sekaligus memberikan wawasan ilmiah sambil bermain.

“Kami ingin memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan kepada anak-anak tentang ilmu pengetahuan. Khususnya kimia dan fisika, melalui eksperimen-eksperimen menarik,” ujar Indira.

Selain eksperimen dengan betadine dan jeruk nipis, peserta juga diajak untuk mengeksplorasi konsep-konsep ilmiah melalui berbagai eksperimen lainnya.

Seperti mencoba mencari kode rahasia Al-Kindi, kemudian membuat plastisin dari tepung terigu yang diwarnai, serta menelusuri peta Indonesia di atas kertas.

Ada pula simulasi menjadi arkeolog dengan teori zoologi Al-Jahiz, dan pembelajaran teori optik bersama Al-Haitsami.

“Pada masa itu, buku-buku yang dikumpulkan oleh cendekiawan Muslim pada masa Dinasti Abbasiyah berbagai bidang ilmu, seperti ilmu pengetahuan, matematika, astronomi, kedokteran, dikumpulkan di Baghdad, di sebuah tempat bernama Baitul Hikmah atau House of Wisdom,” jelas Indira.

Learn With Imako berdiri sejak tahun 2023 dan berkantor di Lamteh Banda Aceh. Lembaga ini fokus pada bimbingan belajar untuk tumbuh kembang anak dengan berbagai kelas seperti bela diri, seni rupa, bahasa Inggris, mengaji, calistung, dan program-program belajar lainnya. Mereka juga menawarkan program “Holiday with Imako”.

“Kegiatan ini menawarkan pengalaman belajar yang kreatif dan edukatif selama liburan sekolah,” terangnya

Dengan Fun Science Class ini, diharapkan anak-anak dapat lebih mencintai ilmu pengetahuan dan mengembangkan kreativitas mereka sejak dini.

Sofia dan teman-temannya pun terlihat sangat bahagia, penuh antusias karena mendapat pengalaman baru yang memperkaya pengetahuan mereka, serta lebih mengenal ilmuwan Muslim yang menginspirasi.

“Senang kali, sambil bermain dan eksperimen, Sofia jadi tau sejarah dan nama-nama ilmuan Islam,” kata Sofia. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER