Beranda Wisata & Travel Sensasi Panorama Danau Toba dari Bukit Simarjarunjung

Sensasi Panorama Danau Toba dari Bukit Simarjarunjung

BERBAGI
Jurnalis Waspadaaceh.com menikmati keindahan Danau Toba dengan menaiki sepeda gantung di Bukit Indah Simarjarunjung. (Foto/Rahmi)

“Salah satu lokasi yang tepat untuk bisa menikmati danau toba dari sudut yang berbeda yakni dari Bukit Indah Simarjarunjung”

—————–

“Di negeriku Indonesia, Ada satu danau yang permai.
Yang terluas di dunia. Kebanggaan seluruh bangsa. Oh Danau Toba, danau indah dan permai. Tiada banding di dunia,” begitulah sepenggal lirik lagu yang mengisahkan Danau Toba, dinyanyikan oleh Julius Sitanggang.

Danau Toba dikenal sebagai tempat tujuan wisata yang cukup indah dan menarik, terletak di Sumatera Utara. Keindahan danau ini membuat pengunjung sulit melupakannya.

Terlebih, Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. Membuat siapa pun ingin datang mengunjungi tempat ini, karena menyimpan berbagai legenda kuno dan menyimpan pesona yang tersembunyi di danau nan indah ini.

Pada hari Selasa (28/12/2021), tim jurnalis Waspadaaceh.com dari Banda Aceh, meluangkan waktu melakukan traveling untuk menikmati liburan akhir tahun ke Medan, Sumatera Utara. Tentu saja kami tak menyia-nyiakan waktu untuk menikmati indahnya Danau Toba.

Salah satu lokasi yang paling menarik dan sensasional untuk bisa melihat lanskap Danau Toba, yakni dari sudut pandang yang berbeda. Pemandangan Danau Toba yang menghampar luas dikelilingi dengan bukit-bukit hijau, dapat dilihat dari Bukit Indah Simarjarunjung (BIS).

Bukit Indah Simarjarunjung berada di Jl. Simarjarunjung, Desa Parik Sabungan, Kelurahan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Puncak bukit ini berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Medan, waktu tempuh mencapai 3 jam dengan melewati Jalan Tol Kuala Namu -Tebing Tinggi dan masuk ke Jalan Medan – Pematang Siantar menuju arah Parapat. Selama perjalanan, kami juga melewati perkebunan teh bak permadani hijau di Sidamanik.

Menikmati keindahan Danau Toba dari Bukit Simarjarunjung. (foto /Cut Nauval Dafistri)

Bukit Indah Simarjarunjung menyuguhkan pesona alam yang istimewa. Jarga tiket masuk ke destinasi wisata ini murah meriah. Setiap orang hanya membayar Rp5.000. Di lokasi ini juga terdapat banyak pilihan spot foto, seperti sepeda gantung, rumah pohon, ayunan, dan lainnya. Untuk setiap lokasi spot foto, pengunjung membayar Rp5.000.

Panorama alam yang indah begitu memanjakan mata. Banyaknya pepohonan tinggi seperi pohon pinus yang ditiup angin dengan udara yang segar, menambah suasana nyaman dan tenang saat berada di bukit ini. Wajar saja lokasi ini kerap menjadi pembicaraan menarik di sosial media.

“Panorama dan suasannya indah sekali. Bisa menikmati Danau Toba dari ketinggian, apalagi ditambah dengan spot foto kekinian yang instagramable,” tutur Kia, sang jurnalis Waspadaaceh.com.

Tidak menyia-nyiakan waktu, penulis mengabadikan momen berfoto dengan menaiki sepeda gantung bersama Kia. Pengalaman baru dan unik ini membuat penulis merasa sangat terkesan.

Tampak petugas yang membantu menaiki spot tersebut memeragakan bahasa isyaratnya menggunakan tangan. Dia merupakan penyandang disabilitas. Hal ini menandakan dalam sektor ekonomi pariwisata ada kepedulian dan perhatian kepada para penyandang disabilitas agar mendapatkan hak yang sama.

Penulis mengingat ucapan Menparekraf, Sandiaga Uno, yang mengatakan, kaum disabilitas harus menjadi bagian dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain beragam spot foto, juga tersedia jasa fotografer dengan camera DSLR-nya yang melayani sesi pemotretan bagi pengunjung. Untuk tarif pemotretannya tergantung berapa jumlah momen dan masing-masing spot foto.

Tentu pemandangan yang indah ini akan membuat pengunjung tak sabar untuk segera berburu foto-foto bagus.

Di lokasi tersebut juga dilengkapi berbagai fasilitas mushalla, toilet, rumah makan, serta banyak tempat penjualan aksesoris maupun oleh-oleh khas daerah Sumatera Utara.

Keindahan alam yang disajikan di Bukit Indah Simarjarunjung sungguh mengagumkan. Berada di ketinggian kita dapat melihat dengan jelas keindahan alam yang tersaji, menyaksikan luasnya Danau Toba. Pastinya pas banget sebagai tempat untuk refreshing.

Siapa tahu Anda tertarik untuk berlibur ke objek wisata ini? Anda bisa mencari panduan melalui goggle map atau meminta informasi kepada petugas hotel di mana Anda menginap. Semoga objek wisata ini cocok buat Anda. Semoga. (Cut Nauval Dafistri)