Kamis, Juni 20, 2024
Google search engine
BerandaSelesai Observasi Corona, 188 ABK World Dream Tinggalkan Pulau Sebaru

Selesai Observasi Corona, 188 ABK World Dream Tinggalkan Pulau Sebaru

Jakarta — Sedikitnya 188 anak buah kapal (ABK) Kapal World Dream sudah meninggalkan dermaga Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Sabtu pagi tadi (14/3/2020).

Mereka diangkut oleh dua kapal Landing Craft Utility (LCU) selanjutnya menaiki KRI Semarang-594, yang sandar tidak jauh dari dermaga Pulau Sebaru Kecil. Para ABK ini akan dipulangkan setelah menjalani observasi terkait virus Corona atau COVID-19.

Ketika meninggalkan dermaga Pulau Sebaru Kecil, mereka sempat melambaikan tangannya dari atas kapal, sebagai isarat ucapakan selamat tinggal kepada orang-orang yang berada di dermaga. Proses pemulangan itu dimulai sejak pukul 05.00 WIB dikawal tujuh Sea Rider Kopaska Koarmada I.

Para anak buah kapal pesiar World Dream itu selanjutnya akan menuju dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjuk Priok, Jakarta Utara, untuk selanjutnya dipulangkan ke tempat asalnya masing-masing. Mereka akan mendapatkan sertifikat bebas Corona.

ABK Kapal World Dream yang dipulangkan ini telah dipastikan negatif dari virus Corona setelah menjalani berbagai tes observasi sesuai standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Dari mereka kan tidak ada yang positif sama sekali. Mereka clear, negatif. Sudah dites,” ujar Dayonkes Marinir Letkol Muhammad Arifin, Sabtu (14/3/2020), sebagaimana dikutip dari okezone.com.

Dari 188 ABK World Dream itu, tercatat sebanyak 60 persen berasal dari Provinsi Bali. Namun untuk data ABK lainnya belum diketahui secara pasti. Mereka terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, sehari sebelumnya mengatakan, 188 ABK Dream World yang diobservasi di Pulau Sebaru Kecil selama dua pekan itu, kondisinya sudah sangat baik dan sehat untuk bisa kembali ke rumahnya masing-masing. (**)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER