Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaSekda Aceh Dorong Kepala Sekolah Percepat Vaksinasi Siswa

Sekda Aceh Dorong Kepala Sekolah Percepat Vaksinasi Siswa

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Beragam upaya terus dilakukan Pemerintah Aceh untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Salah satu ikhtiar yang menjadi penawar adalah melakukan vaksinasi di kalangan ASN, termasuk tenaga kesehatan, tenaga kependidikan, para siswa dan masyarakat.

Untuk vaksinasi siswa, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, mengajak seluruh jajaran pendidikan, terutama pihak sekolah, untuk berperan aktif dalam menyukseskan vaksinasi siswa.

Sekda juga terus menyosialisasikan pentingnya vaksinasi terhadap upaya menekan penyebaran COVID-19. Sekda menjelaskan, jika semua orang memahami pentingnya vaksinasi, maka tidak akan ada orang yang merasa ragu.

Sekda Taqwallah menyampaikan hal itu usai mengikuti zikir dan doa bersama yang digelar Pemerintah Aceh Jumat pagi (24/9/2021), sebagai ikhtiar dalam menanggulangi COVID-19. Zikir dan doa bersama ini rutin dilaksanakan Pemerintah Aceh pada setiap Jumat pagi.

Setelah mengikuti zikir dan doa, Sekda Aceh kemudian menyapa beberapa instansi di lingkup Pemerintah Aceh secara virtual untuk memastikan capaian vaksinasi. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB di Aceh di komplek SMK 1, 2 dan 3 Lhongraya Banda Aceh.

Sekretaris Daerah Aceh, dr.Taqwallah, M.Kes, memberikan pengarahan kepada kepala sekolah usai mengikuti zikir dan doa bersama di komplek SMK Negeri 1, 2 dan 3, Banda Aceh, Jumat (24/9/2021). (foto/Cut Nauval d).

“Vaksin adalah bentuk upaya pembuatan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Ini adalah pencegahan agar masyarakat tidak perlu terpapar penyakit dahulu untuk menumbuhkan kekebalan tubuh atau imunitas,” ujarnya.

Setiap daerah, ulas Taqwallah, memiliki karakter kesulitan tersendiri. Namun, dia meminta agar pihak sekolah tidak menyerah untuk terus berupaya memberikan pemahaman dan meyakinkan para orang tua tentang vaksinasi yang aman bagi anak-anaknya.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, mengharapkan capaian vaksinasi siswa di Aceh bagi tenaga pendidik maupun siswa dapat segera dituntaskan.

“Ini terus kita lakukan, supaya nanti pembelajaran sekolah di Aceh ini tidak daring lagi, sudah luring, sehingga bisa berlajar secara bertatap muka,” kata Alhudri.

Selain itu, vaksinasi dan kepatuhan kolektif dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) menjadi prasyarat terlaksananya kembali pembelajaran tatap muka di kalangan siswa setelah hampir dua tahun tak terlaksana akibat pandemi COVID-19.

Namun, di sisi lain, Alhudri mengatakan bahwa vaksinasi siswa usia sekolah bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi dalam meyakinkan wali siswa terhadap pentingnya vaksinasi.

Usai melaksanakan zikir dan doa bersama, Sekda Taqwallah bersama Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, serta rombongan meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi siswa dan juga memberikan arahan kepada para kepala sekolah di Dekranasda Aceh Besar.(Cut Nauval Dafistri)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER