Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaAcehSambut HUT RI, Aceh Jaya akan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

Sambut HUT RI, Aceh Jaya akan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

Calang (Waspada Aceh) – Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam (UKM PA) Leuser Universitas Syiah Kuala (USK) akan melakukan ekspedisi panjat tebing sekaligus pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 2023 di Tebing Gunung Batee Sireuk, Gampong Blang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya.

Pengibaran bendera raksasa itu dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia, kata Novita, Ketua Tim Ekspedisi Merah Putih, Rabu (9/8/2023).

“Kegiatan ini kami beri nama Expedisi Merah Putih Panjat Tebing Leuser 2023 . Kegiatan digelar dari tanggal 13 hingga 18 Agustus 2023. Kegiatan puncaknya adalah pengibaran bendera merah putih berukuran 30 ×15 meter pada ketinggian kisaran 60 Mdpl di tebing Gunung Batee Sireuk, Calang, Aceh Jaya, disaksikan oleh Forkopimda,” ujar Novita.

Sebelum dikibarkan, lanjutnya, Pj Bupati Aceh Jaya terlebih dahulu akan menyerahkan bendera kepada pendaki Mapala Leuser USK pada tanggal 14 Agustus 2023. Selanjutnya dikibarkan di tebing Gunung Batee Sireuk pada tanggal 17 Agustus 2023.

“Nantinya juga diadakan doa bersama sebelum ekspedisi dimulai. Tim juga melakukan pemanjatan secara artificial yaitu pemasangan pengaman dari bawah secara berurutan dan pembuatan jalur sport climbing, uji coba pemanjatan jalur sport,” ungkap Novita

Novita menjelaskan, ekspedisi ini salah satu kegiatan unggulan dari divisi Rock Climbing (RC) pada UKM-PA Leuser. Kegiatan ini diikuti oleh 2 orang anggota tim putri dan 1 orang supervisor. Pengibaran bendera juga akan dihadiri oleh pegiat alam bebas dari berbagai organisasi juga FPTi dan vertical Rescue.

Novita menambahkan, pelaksanaan kegiatan merupakan salah satu bentuk antusias dan kecintaan Mapala Leuser terhadap NKRI. Selain memperingati momentum HUT ke-78 RI, kegiatan ini dilakukan untuk menambah daya tarik wisata alam bebas khususnya olahraga panjat tebing di Aceh Jaya.

“Ekspedisi ini merupakan kegiatan ekspedisi perdana yang beranggotakan perempuan dalam bidang panjat tebing. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat mempromosikan wisata Aceh Jaya dan diharapkan menjadi motivasi untuk mahasiswa.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Abdo Rani menjelaskan kegiatan tersebut digagas oleh para pendaki Mapala Leuser Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan lintas komunitas di Aceh Jaya

“Para pendaki Mapala Leuser USK melalui kegiatan ini ingin memberikan kado berkesan di HUT ke-78 Republik Indonesia. Maka kegiatan ini mengusung taglinenya, ‘Persembahan dari Anak Negeri dari Bumi Aceh Jaya’. Kami di sini hanya selaku panitia lokal,” ujarnya.

Untuk diketahui, para pendaki muda Mapala Leuser USK yang akan melakukan ekspedisi terdiri dari Novita Nur Ariska, Sarah Salsabila, dan Alfizar. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER