Rabu, Mei 29, 2024
Google search engine
BerandaNasionalRibuan Narapidana di Aceh Terima Remisi Idul Fitri 1445 H

Ribuan Narapidana di Aceh Terima Remisi Idul Fitri 1445 H

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sebanyak 5.604 narapidana di Aceh menerima remisi khusus hari taya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman, menyerahkan remisi secara simbolis kepada narapidana di Lapas Kelas IIA Banda Aceh, Rabu (10/4/2024).

“Pemberian remisi ini merupakan wujud nyata dari sikap negara sebagai reward kepada narapidana yang senantiasa selalu berusaha berbuat baik dan memperbaiki diri,” kata Meurah Budiman saat membacakan sambutan Menkumham.

Pemberian remisi tahun ini dilakukan melalui sistem informasi pemasyarakatan, yang merupakan sistem informasi pemasyarakatan yang terintegrasi antara Unit Pelaksana Teknis pemasyarakatan, Kantor Wilayah, dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Untuk mendapatkan remisi, narapidana harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya berkelakuan baik dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas dengan predikat baik.

“Kemudina, telah mengikuti program deradikalisasi yang diselenggarakan oleh Lapas dan atau BNPT, serta menyatakan ikrar bagi narapidana dengan kasus terorisme,” sebut Meurah.

Berdasarkan data Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) per 10 April 2024, terdapat 6.299 narapidana dan 1.505 tahanan di seluruh Aceh. Dari jumlah tersebut, 5.604 narapidana mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 1445 H.

Dua orang narapidana bahkan langsung bebas setelah mendapatkan remisi 15 hari. Sementara itu, satu orang narapidana mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari.

Pemberian remisi dan pengurangan masa pidana ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan penghargaan kepada narapidana yang telah menunjukkan perubahan perilaku dan berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman.

“Diharapkan dengan remisi ini, para narapidana dapat termotivasi untuk terus memperbaiki diri dan kembali menjadi anggota masyarakat yang berguna,” tutup Meurah. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER