Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaRibuan Jamaah Padati Lapangan Blang Padang Shalat Idul Fitri 1444 H

Ribuan Jamaah Padati Lapangan Blang Padang Shalat Idul Fitri 1444 H

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pagi ini masyarakat memadati Lapangan Blang Padang mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil, memuji kebesaran nama Allah SWT, untuk melaksanakan shalat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Sabtu (22/4/2023).

Pantauan Waspadaaceh.com ribuan jamaah orang tua hingga anak-anak turut memperlihatkan antusiasme memadati kawasan tersebut sambil melafazkan takbir tahmid dan tahlil. Shalat id di mulai pukul 07.30 WIB.

Sementara Shalat Id diimami oleh Tgk H Zamhuri Ramli, yang merupakan salah satu imam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Yang bertindak sebagai khatib pada shalat Id , yaitu Dr Tgk H Syahminan, Dosen dan pernah menjabat Wakil Dekan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Ranirry.

Dalam khutbah yang disampaikan Dr Tgk Syahminan menjelaskan Hari Raya Idul Fitri merupakan momen setiap muslim melakukan instropeksi atas amal maupun ibadah yang telah dilakukan selama bulan Ramadhan.

Dia juga menuturkan bahwa momentum Hari Raya Idul Fitri bukanlah hari untuk bersenang-senang semata. Namun Hari Raya momentum untuk terus meningkatkan ibadah. Jadi, pada Idul Fitri itu umat Islam kembali kepada kesucian jati diri, kembali kepada asal kejadian yang suci. Umat Islam menemukan kembali fitrah sebagai hamba dan khalifah-Nya di muka bumi ini.

“Pada hari ini kita berkumpul di tempat yang sangat mulia dengan mengucapkan rasa bersyukur kepada Allah telah melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh, melawan hafa nafsu dan semoga kita terus meningkatkan ibadah kita,” kata Syahminan.

Di hari yang fitri ini lanjut khatib, mengingatkan kepada jamaah untuk terus meningkatkan ibadah, dan pentingnya memperbanyak zikir.

Setelah khutbah warga pulang ke rumah masing-masing, namun juga sebagian warga memilih tetap berada di lapangan, untuk berfoto bersama dan bersilaturahmi. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments