Jumat, Mei 24, 2024
Google search engine
BerandaRatusan Rumah di Aceh Barat Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Aceh Barat Terendam Banjir

Meulaboh (Waspada Aceh) – Seratusan rumah penduduk di Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat, hingga Kamis petang (4/10/2018), dilaporkan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 40 centi meter.

Informasi yang dikumpulkan Waspadaaceh.com, hingga Sabtu menjelang malam, lokasi pemukiman warga yang terendam air akibat guyuran hujan lebat tersebut berada di kawasan Leuhan, Johan Pahlawan. Aktivitas masyarakat terganggu setelah sebagian besar ruas jalan dan rumah mereka terendam air.

Sebelumnya pada Rabu malam (4/10/2018), banjir juga merendam ratusan rumah di Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat, dengan ketinggian air mencapai satu meter. Namun pada Kamis pagi, banjir berangsur surut sehingga aktivitas warga kembali normal.

Tetapi guyuran hujan masih terus melanda kawasan ini hingga Kamis malam. Data yang diperoleh dari BPBD Aceh Barat, banjir sudah menggenangi pemukiman warga di enam kecamatan meliputi beberapa desa.

Seperti pantauan di Desa Pasie Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Kamis sore, beberapa rumah penduduk terendam banjir susulan karena meluapnya air sungai yang berada dekat dengan desa. Meski banjir sudah setinggi 50 senti meter, belum ada korban yang mengungsi. Mereka memilih bertahan meski air sudah memasuki halaman rumahnya.

“Kami hanya bisa bertahan di rumah, karena tidak bisa kemana-mana. Kalau pun hendak mengungsi, ya harus berjalan kaki untuk menuju lokasi yang aman dan itu pun lokasinya sangat jauh,” kata Aminah, warga Pasie Leuhan, kepada wartawan Waspadaaceh.com.

Kepala Bidang Kedaduratan dan Logistik BPBD Aceh Barat, Maimun, yang ditanyai Waspadaaceh.com mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pemantauan dan pendataan ke sejumlah lokasi yang diduga rawan banjir.

“Sejauh ini lokasi yang terendam banjir setinggi 40 centi meter hanya terjadi di Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan. Musibah ini terjadi akibat guyuran hujan lebat yang sudah terjadi sejak beberapa hari belakangan ini,” katanya.

Meski sudah ada rumah yang terendam banjir, Maimun memastikan belum ada warga yang mengungsi. Sedangkan genangan banjir yang terjadi di kawasan Pante Ceureumen, Aceh Barat pada Rabu malam juga sudah mulai surut. (b01/ded)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER