Jumat, April 19, 2024
Google search engine
BerandaAcehProf Syamsul Rijal: Jenjang Karier Dosen Perlu Ditingkatkan

Prof Syamsul Rijal: Jenjang Karier Dosen Perlu Ditingkatkan

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Guru Besar Filsafat Islam pada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Profesor Syamsul Rijal menyebutkan, jenjang karier dosen baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) perlu ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Syamsul Rijal saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang diselenggarakan oleh Komisi X DPR RI, Kamis (17/11/2022) yang dihadiri oleh seluruh Guru Besar di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Prof Syamsul Rijal menyebutkan, berdasarkan data statistik tenaga dosen di Indonesia saat ini sebanyak 286.800 orang. Dari jumlah tersebut hanya sekitar 5.479 orang yang bergelar profesor.

“Artinya dosen yang bergelar profesor itu manusia langka sesuai dengan bidang keilmuannya,” sebutnya.

Sementara, jika merujuk pada jumlah prodi yang ada di PTN maupun PTS di Indonesia standarnya harus ada 21 ribu yang bergelar profesor. Sehingga dengan jumlah tersebut bisa mendongkrak pendidikan.

“Jadi jenjang karier dosen sesuai kepangkatannya perlu ditingkatkan agar memberikan pengaruh terhadap mahasiswa,” tegasnya.

Apalagi menurutnya, saat ini aktivitas riset di kampus juga belum signifikan karena itu perlu penguatan kegiatan riset di PT dengan dukungan dana berimbang.

“Ini perlu ada regtulasi yang spesifik yang dipikirkan oleh pihak terkait,” tutupnya. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER