Sabtu, Maret 2, 2024
Google search engine
BerandaAcehPrestasi Amiruddin, Sabet Penghargaan Banda Aceh "Kota Sehat" 2023 

Prestasi Amiruddin, Sabet Penghargaan Banda Aceh “Kota Sehat” 2023 

Banda Aceh(Waspada Aceh) – Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin menyabet penghargaan Kota Sehat dari Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin, pada acara penganugerahan di Hotel Kempinski Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Prestasi mentereng untuk ibukota Provinsi Aceh itu diterima atas konsistensinya mewujudkan Banda Aceh masuk Kota Sehat Tahun 2023.

Kota Banda Aceh, menjadi satu-satunya kota/kabupaten di Provinsi Aceh yang menerima penghargaan Kota Sehat kategori Swastisaba Padapa tingkat nasional. Artinya secara kebijakan, rancangan hingga realisasi program memenuhi syarat dari 9 indikator tatanan yang dinilai.

Kabupaten/kota lain di luar Provinsi Aceh masih dalam kategori penghargaan di bawahnya serta Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Amiruddin mengatakan penghargaan ini merupakan wujud komitmen Pemko Banda Aceh dan stakeholder terkait dalam memberikan kualitas pelayanan maksimal bidang kesehatan.

“Insyaallah, ini merupakan wujud kondisi kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni,” kata Amiruddin.

“Prestasi ini berkat kerja sama semua OPD, terutama yang berkontribusi mewujudkan sembilan tatanan kota sehat yang menjadi indikator penilaian oleh pemerintah pusat,” ujarnya usai menerima penghargaan.

Ia pun menyebutkan penghargaan ini menjadi “cemeti” bagi pihaknya untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat. “Semoga mayarakat semakin nyaman dan sehat ketika beraktivitas dan tinggal di Kota Banda Aceh,” ujarnya lagi.

Acara penganugerahan Kota Sehat 2023 turut dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Efendi, Sekjen Kemenkes Kihajar Diantoro, dan para Pembina KKS pusat. Sementara Pj Wali Kota Banda Aceh Amiruddin turut didampingi oleh Kadinkes Lukman, Kadis DP3AP2KB Cut Azharida, dan Kabag Umum Setdako Banda Aceh Fahrul Razi.

Sebagai informasi, pada 2019 Banda Aceh juga sudah pernah mendapatkan penghargaan serupa. Selain itu, Banda Aceh juga sudah pernah mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten/kota yang sudah bebas buang air besar sembarangan dari Kementerian Kesehatan.

Pada 2022, Banda Aceh kembali mendapatkan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award sebagai salah satu kabupaten/kota terbaik di Indonesia dalam percepatan 100 persen lima pilar STBM.

Untuk kategori 9 tatanan yang dinilai dan memenuhi syarat untuk Kota Banda Aceh antara lain Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Tatanan Permukiman dan Fasilitas Umum (Perkim), Tatanan Satuan Pendidikan, Tatanan Pasar, Tatanan Pariwisata, Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan, Tatanan Perkantoran dan Perindustrian, Tatanan Perlindungan Sosial, serta Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana.

Penghargaan Kota Sehat kategori Swastisaba Padapa tingkat nasional tahun ini berbeda dengan tahun 2019, untuk tahun 2019 untuk Padapa cukup dua tatanan saja, sementara tahun ini untuk bisa mendapat Padapa harus 9 tatanan dan semuanya mencapai skor 70 persen.

Untuk diketahui, penghargaan KKS dari Kementerian Kesehatan RI dilaksanakan dua tahun sekali yang terdiri dari tiga tingkatan yakni Swasti Saba yaitu pengembangan (wistara), Pembinaan (wiwerda), pemantapan (padapa). (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments