Rabu, Februari 21, 2024
Google search engine
BerandaPresiden Jokowi Resmikan Pabrik NPK PIM, PT PNA Jadi Pengelola KEK Arun

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik NPK PIM, PT PNA Jadi Pengelola KEK Arun

Lhokseumawe (Waspada Aceh) – Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Provinsi Aceh, Jumat (10/2/2023), meresmikan Pabrik NPK Pupuk Iskandar Muda (PT PIM).

Presiden Jokowi juga menyaksikan penandatanganan Perjanjian Induk Tentang Rencana Penyertaan Modal dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe.

Sebagai Badan Usaha Milik Aceh (BUMA) PT Pembangunan Aceh (Pema) pun menyambut positif atas rencana komitmen penyertaan modal PT Pertamina dan PT Pelindo dalam rangka pengoptimalan Badan Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP).

BUPP ini adalah PT Patriot Nusantara Aceh (PNA) dan pengembangan KEK Arun Lhokseumawe. Sehingga diharapkan PT PNA dapat memperoleh keuntungan dan turut meningkatkan Pendapatan Asli Aceh (PAA) termasuk membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya bagi masyarakat Aceh.

PT Pema sebagai perwakilan Pemerintah Aceh bersama konsorsium BUMN yang beranggotakan PT Pupuk Indonesia, PT Pertamina dan PT Pelindo tandatangani Head of Agreement (HoA) terkait penyertaan modal di PT PNA selaku Pengelola KEK Arun Lhokseumawe (HoA).

Dalam HoA ini salah satunya memuat komitmen PT Pertamina dan afiliasinya serta PT Pelindo dan afiliasinya untuk menyertakan saham di PNA.

Terlihat, turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan ini antara lain Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di Aceh dapat terus bertumbuh, karena itu kita ketahui juga Aceh sebagai provinsi penting dalam menjaga kemerdekaan Indonesia.,” kata Erick Thohir.

“Alhamdulillah berkat Pj Gubernur Aceh dan Pemerintah Daerah Aceh bisa membangun konsorsium, membangun kembali KEK Arun yang luasnya 2.600 Ha menjadi kawasan industri hijau,” jelas Erick Thohir sembari mengakhiri. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments