Sabtu, April 13, 2024
Google search engine
BerandaDisbudpar AcehPKA ke- 8: Pawai Budaya Pamerkan Keanekaragaman dan Keunikan Aceh

PKA ke- 8: Pawai Budaya Pamerkan Keanekaragaman dan Keunikan Aceh

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pawai budaya yang menjadi salah satu rangkaian acara Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 menampilkan keanekaragaman dan keunikan dari 23 kabupaten/kota yang ada di Aceh.

Pawai ini diikuti oleh 2.025 peserta dari berbagai komunitas dan daerah, yang berjalan sepanjang 5 kilometer di jalan-jalan protokol Kota Banda Aceh, Minggu (5/11/2023).

Pawai dimulai dari Lapangan Blang Padang pada pukul 08.00 WIB, melewati Tugu Simpang Jam, Jalan Tengku Abu Lam U (Balai Kota), Jalan Mohammad Jam, Jalan Syech Muda Wali, Jalan Prof A Majid Ibrahim II, dan berakhir kembali di Lapangan Blang Padang.

Pantauan Waspadaaceh.com tepat di depan bundaran simpang jam peserta pawai mengenakan pakaian adat, aksesori, dan atribut khas dari masing-masing daerah.

Mereka juga membawa bendera, spanduk, dan poster yang menunjukkan identitas dan kebanggaan mereka sebagai bagian dari Aceh. Beberapa peserta juga menampilkan tarian, nyanyian, dan kesenian lainnya yang menghibur warga yang menyaksikan pawai.

Antusiasme warga untuk melihat pawai budaya sangat tinggi. Banyak yang berdatangan dari luar kota, bahkan dari luar provinsi, untuk menyaksikan acara lima tahunan ini. Salah satunya adalah Ratna,50, yang bersama keluarganya datang dari Meulaboh.

“Kapan lagi kan, kita lihat acara lima tahun sekali, makanya rela jauh-jauh ke sini khusus lihat PKA,” katanya.

Pekan Kebudayaan Aceh ke-8 mengusung tema “Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia” telah resmi dibuka di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Sabtu malam, (4/11/2023). Acara ini berlangsung dari tanggal 4 hingga 12 November 2023, dengan berbagai kegiatan seperti seminar, pameran, festival, lomba, dan pentas seni. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER