Selasa, April 16, 2024
Google search engine
BerandaOlahragaPj Gubernur Bustami Minta Akhir Juli 2024 Venue PON XXI wilayah Aceh...

Pj Gubernur Bustami Minta Akhir Juli 2024 Venue PON XXI wilayah Aceh Rampung

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Penjabat Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, meminta pihak pelaksana proyek bekerja keras siang malam menyelesaikan pembangunan venue PON Aceh. Pada akhir Juli 2024, diharapkan sudah rampung dikerjakan.

Hal itu disampaikan Bustami Hamzah usai mendengar paparan evaluasi pembangunan venue oleh PPK Venue PON Wilayah Aceh dari PUPR Pusat, Kurniawan. Kurniawan menyampaikan progres di hadapan Pj Gubernur Aceh dan pengurus KONI Pusat di salah satu ruang di Stadion Harapan Bangsa, Selasa (26/03/2024).

Sebelumnya Kurniawan menyampaikan medio Agustus pembangunan semua venue tuntas, namun Pj Gubernur minta agar diupayakan sudah rampung akhir Juli 2024.

Bila Juli belum tuntas, menurut Pj Gubernur sangat besar resikonya, karena Agustus akan dilakukan test event dan awal September pembukaan PON Aceh-Sumut.

“Jadi ada waktu satu bulan untuk menyempurnakan bila akhir Juli sudah tuntas,” tegas Bustami Hamzah.

Secara umum diakui PPK PUPR PON bahwa progres pembangunan/renovasi venue sudah sesuai dengan tahapan. Ada sebagian renovasi dan sebagian bangun kembali.

Progres pembangunan saat kunjungan, secara umum sudah 18 persen, sudah di atas target yang telah ditentukan PUPR. “Target 13 persen tuntas sudah 18 persen,” jelas Kurniawan.

Ketum KONI Pusat, Marciano Norman bersama rombongan yang hadir pada  evaluasi dan memantau perkembangunan di Stadion Harapan Bangsa itu optimis akhir Juli atau awal Agustus pembangunan venue PON Aceh rampung dan siap dilakukan test event.

Rombongan mengawali tinjauan ke kompleks Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya dilanjutkan dengan Stadion Dirmurtala. Beban pembangunan venue di Aceh, sebesar lebih 60 persen berada di kompleks Stadion Harapan Bangsa dan 13 persen Dirmurtala.

Rombongan KONI Pusat, PJ Gubernur Aceh, Kadispora Aceh dan dinas terkait foto bersama di lokasi renovasi venue PON Aceh, Selasa (26/03/2024). (Foto/Aldin Nainggolan)

Test Event

Pada bagian lain, Ketum KONI Pusat menjelaskan, sebelum PON XXI/2024 digelar, perlu diadakan test event, untuk pertandingan dan juga Ceremony.
Karena itu, Marciano dan Pj Gubernur Aceh minta venue sudah selesai beberapa waktu sebelum PON XXI dimulai.

“Ada waktu untuk menggunakan venue-venue baru ini atau venue yang direnovasi. Juga untuk test event, kemudian nanti terkait dengan Opening Ceremony di stadion. Juga memberi kesempatan kepada semua yang terlibat untuk berlatih di tempat yang sebenarnya,” jelas Marciano.

Dikenang Masyarakat

Pj Gubernur Bustami Hamzah berharap penyenggaraan Aceh sebagai tuan rumah PON tahun 2024 ini akan dikenang oleh seluruh masyarakat Indonesia dan khususnya masyarakat Aceh-Sumut.

Selain dikenang karena prestasinya, juga karena kesiapan panitia besar sebagai penyelenggaranya karena mendapat dukungan masyarakat.

Karena itu. Ia menyebut antusias masyarakat Aceh itu sangat tinggi dan memberikan dukungan sepenuh hati. “Dari di sinilah saya mengatakan bahwa saya sangat optimis bahwa PON XXI akan berjalan lancar dan sukses,” kata Pj.Gubernur Aceh.

“Ini merupakan pesta rakyat,” tegasnya melanjutkan.

Atas tekad Pj Gubernur Aceh tersebut,
Ketum KONI Pusat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pj.Gubernur Aceh Bustami Hamzah dan jajarannya.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 tetap sesuai rencana, dibuka pada 8 September 2024 di Aceh oleh Presiden RI Joko Widodo dan ditutup tanggal 20 September 2024 di Sumut oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin. (B01)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER