Rabu, Juli 17, 2024
Google search engine
BerandaPetani 12 Desa Binaan PAG, Panen 1000 Buah Naga Hasil Persilangan

Petani 12 Desa Binaan PAG, Panen 1000 Buah Naga Hasil Persilangan

.Lhokseumawe ( Waspadaaceh.com) – Para petani dari 12 desa binaan Perta Arun Gas (PAG) Kota Lhokseumawe, memulai panen seribu buah naga hasil persilangan Banyuwangi dan Boyolali.

Kegembiraan para petani yang dimodali dana program CSR itu ditandai dengan kegiatan simbolis pemotongan buah naga oleh Komisaris PT Perta Arun Gas, Larasati Sedyaningsih, di salah satu kebun petani desa Lingkungan setempat, Selasa (16/10/2018).

Desa binaan itu berada di Kecamatan Banda Sakti dan Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. Desa yang menjadi binaan adalah Desa Ujong Pacu, Blang Naleung Mameh, Batuphat Barat, Batuphat Timur, Blang Pulo, Padang Sakti, Paloh Punti, Meunasah Dayah, Cot Rieng, Blang Panyang, Ujong Blang serta Blang Mee.

Komisaris PT PAG, Larasati Sedyaningsih, dalam kegiatan tersebut memetik dan memotong buah naga dari salah satu pohon didampingi oleh Technical & Operation Director, Dody Noza, para petani, para kader serta tim CSR di Desa Padang Sakti.

Larasati Sedyaningsih mengatakan, panen seribu buah naga ini merupakan kegiatan kali kedua di tahun 2018. Dia mengaku ikut merasa bangga dengan keberhasilan para petani binaan PAG yang mampu bekerja keras hingga memetik hasil panen yang memuaskan.

Program penanaman bibit ini, katanya, akan menjadi percontohan bagi masyarakat di desa-desa sekitar serta di kecamatan lainnya agar bisa memanfaatkan lahan yang ada secara produktif.

“Keberhasilan para petani binaan PAG menjadi contoh yang baik. Kami harapkan dapat terus berkembang dan ditingkatkan, sehingga kami bisa membantu memasarkannya ke daerah – daerah lainnya di Aceh Utara,” ujarnya.

Atas keberhasilan itu, maka program budi daya buah naga ini akan terus dikembangkan oleh PAG sehingga menjadi program CSR yang berkelanjutan, sampai para petani mampu mengolah hasil kebun dan memasarkannya secara mandiri.

Kata Larasati Sedyaningsih sejak Desember 2016, PAG sudah memiki Program Community Development yang dinamakan dengan Capacity Building for Nearby Community (CABINET). Dengan konsep 5-Kemandirian, kata dia, pemberdayaan pada sektor pertanian, perikanan, pendidikan, kewirahusahaan, serta pelatihan untuk meningkatkan SDM masyarakat di lingkungan perusahaan tersebut.

Program community development ini merupakan wujud kepedulian perusahaan dalam upaya meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan non formal seperti perpustakaan dan keterampilan komputer.

Kegiatan pengembangan pertanian sayur dan buah-buahan, kegiatan pengembangan perikanan melalui teknologi pemeliharaan dan pengolahan hasil. Kegiatan pengembangan keterampilan dan kewirausahaan.

“Saya berharap, program CSR yang sudah dibina PAG semenjak tahun 2016 sudah tepat sasaran, dan tentunya dapat bermanfaat bagi masyarakat,” paparnya.

Disebutkannya, sampai dengan Oktober 2018, PT Perta Arun Gas telah membagikan bibit buah naga, lengkeng, durian monthong, mangga, serta rambutan sebanyak 8763 bibit, beberapa jenis sayuran sebanyak 6.700 bibit, Jagung sebanyak 20 Kg, serta jahe sebanyak 70 Kg kepada 1.720 masyarakat di 12 desa binaannya.

Selain itu, dari 3760 bibit buah naga yang telah dibagikan kepada para petani, ada 1000 buah naga dengan total berat 420 kg sudah berhasil diolah dan siap untuk dipasarkan.

Potensi dari bibit buah naga ini, mampu bertahan dalam kondisi cuaca panas dan kering sehingga tidak membutuhkan banyak air untuk berkembang. Buah naga ini juga tahan hingga 10 hari setelah dipetik.

Selain pembagian bibit gratis di sektor pertanian, PAG juga memberikan bantuan di sektor perikanan berupa bibit udang dan ikan bawal, pelatihan keterampilan berupa pelatihan pengolahan dan pengemasan produk, serta pelatihan produk home industri.

Termasuk melakukan pendampingan bagi para masyarakat dan kader desa binaan tersebut dengan tujuan meningkatkan produktifitas masyarakat di 12 desa lingkungan PAG. (b16)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER