Rabu, Februari 28, 2024
Google search engine
BerandaOlahragaPersiapan PON XXI, Menpora Dito Tinjau Stadion Harapan Bangsa

Persiapan PON XXI, Menpora Dito Tinjau Stadion Harapan Bangsa

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo meninjau beberapa venue yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Provinsi Aceh.

Beberapa venue akan dibangun kembali dan ada yang direnovasi, kata Dito, ketika ditanya wartawan saat meninjau venue tenis lapangan di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis (3/8/2023).

“Ini proses lelangnya minggu depan dan menurut Dirjen PUPR pembangunan atau renovasi venue di Aceh akan dimulai pada Oktober 2023.” lanjut Dito.

Menpora mengatakan, tenggat waktunya cukup sebelum pelaksanaan PON pada September 2024. “Sehingga kita sangat optimis PON di Aceh terlaksana dengan baik,” jelas politisi Golkar ini.

“Jadi, dari Kementerian PUPR akan membangun kembali venue-venue ini. Dan di sini kita lihat banyak sekali aset yang sudah baik dan bagus tetapi mungkin pemakaiannya tidak rutin jadi ada sedikit yang terbengkalai,” jelasnya lagi.

Menpora menuturkan, pemerintah pusat hadir sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Provinsi Aceh, selain renovasi berat lanjutnya, ada juga venue yang dibangun baru.

“Jadi, kita dari pemerintah pusat ini hadir untuk memperbaharui dan kita bangun kembali sehingga lebih baik lagi. Jadi, ini saya rasa tidak ada perbedaan dengan yang lain-lainnya saat menjadi tuan rumah PON. Bahkan ada beberapa venue yang tadinya di sini tidak ada, kita bangun dari nol,” urai Menpora.

Politisi Golkar ini menekankan bahwa venue-venue yang ada akan dimanfaatkan semaksimal mungkin, terlebih Komplek Olahraga di Stadion Harapan Bangsa yang terbilang baik.

“Kita memaksimalkan dan manfaatkan yang ada. Apalagi sport kompleknya ini juga sangat bagus. Jadi Stadion Harapan Bangsa ini akan dibangun kembali oleh Kementerian PUPR, karena banyak yang harus dirombak total dan akan membangun kembali,” tegasnya.

“Saya yakin sekali begitu pembangunan kembali Stadion Harapan Bangsa ini sudah jadi pasti masyarakat Aceh akan senang dan bangga juga puas,” tukas dia.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mengatakan, kehadiran Menpora, dari Kementerian PUPR, dari Kemenko PMK dan dari KONI Pusat adalah bentuk dukungan pemerintah pusat kepada pemerintah Aceh sebagai salah satu tuan rumah PON XXI 2024.

“Kita semua ingin melakukan yang terbaik dan waktunya tinggal satu tahun lagi sehingga pemanfaatan waktu itu juga harus dimaksimalkan. Sehingga sebelum September nanti itu semua sudah jadi dan siap untuk test event,” tuturnya.

Peninjauan Venue PON XXI Aceh ini difokuskan ke Kompleks Olahraga Stadion Harapan Bangsa. Dalam kompleks stadion ini ada beberapa venue yang turut ditinjau yakni venue anggar, venue angkat berat, venue basket, venue tenis lapangan. Kemudian dilanjutkan ke venue bulutangkis dan venue aquatik di Gor KONI Provinsi Aceh.

Turut hadir Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono, Anggota Komisi X DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments