Kamis, Juli 25, 2024
Google search engine
BerandaPenderita Diabetes di Pidie Tinggi

Penderita Diabetes di Pidie Tinggi

Sigli (Waspada Aceh) – Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie memperkirakan jumlah penyandang diabetes di daerah itu menurun. Bila tahum 2017 jumlah penyandangnya sebanyak 2.164 orang, tahun 2018 angka tersebut turun menjadi sedikitnya 740 orang.

“Data ini kami terima dari 26 Puskesmas yang ada di Kabupaten Pidie,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pidie, Turno Junaidi, MKM, Senin (22/10/2018).

Turno melanjutkan, dia tidak memungkiri jika jumlah penderita penyakit tersebut bisa lebih dari data yang ada pada pihaknya. Sebab mayoritas penyandang diabetes berobat ke klinik atau di rumah sakit-rumah sakit seperti di RSUD Tgk Chik Ditiro atau di RSU swasta yang ada di Kota Sigli. Sedangkan data yang ada, merupakan pasien yang berobat di Puskesmas.

Turno berharap masyarakat sadar dan mulai bergaya hidup sehat menghindari rokok, mencegah kegemukan dan mengkonsumsi makanan sehat.

“Jumlah perokok sangatlah tinggi. Ini harus dihindari. Kalau tidak, ini yang mendorong masyarakat kita menderita diabetes,” tutupnya. (b10)

BERITA TERKINI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER