Beranda Aceh Pemkab Nagan Sediakan 1.419 Ekor Kerbau dan Sapi Meugang Puasa

Pemkab Nagan Sediakan 1.419 Ekor Kerbau dan Sapi Meugang Puasa

BERBAGI
Penjual daging Meugang di Pasar Lambaro. (Foto/Dani Randi)
Penjual daging Meugang di Pasar Lambaro. (Foto/Dani Randi)

Suka Makmue (Waspada Aceh) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Distannak ,menyediakan 1.419 ekor kerbau dan sapi untuk kebutuhan meugang puasa 1442 H.

Kadistannak M Nasir melalui Kepala Bidang Peternakan Safridhal di Nagan Raya, Selasa, mengatakan persediaan kerbau dan sapi untuk daging meugang tersebut merupakan kebutuhan masyarakat setempat menyambut bulan puasa.

“Kami sudah mendata kebutuhan hewan ternak yang akan disembelih nanti, yakni kerbau jantan 539 ekor, kerbau betina tidak produktif 173 ekor, sapi jantan 505 ekor serta sapi betina tidak produktif 202 ekor. Jumlah yang akan disembelih sebanyak 1.419 ekor,” kata Safridhal.

Sedangkan harga daging kerbau dan sapi meugang puasa diperkirakan berkisar Rp180 ribu per kilogram. Dan harga tersebut telah disampaikan kepada para agen kerbau di wilayah setempat agar daging meugang puasa sesuai dengan harga yang telah disepakati, sebut Safridhal.

Dengan harga tersebut diharapkan dapat disesuaikan di setiap tempat penyembelihan pusat kecamatan agar masyarakat dapat menikmati harga daging yang relatif sama.

“Kami akan melakukan pengawasan pada hari meugang. Sedangkan jadwal penyembelihan kerbau dan sapi akan direncanakan pada hari sabtu dan minggu. Namun, hal tersebut masih dalam pembahasan dinas terkait,mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir,” kata Safridhal. (#)

BERBAGI